Wajib Dilakukan! 5 Cara Menyimpan Produk Skincare yang Benar Seperti Ini

Reporter: Rizka Noveliana
Jumat, 25 November 2022 | 17:32 WIB
Wajib Dilakukan! 5 Cara Menyimpan Produk Skincare yang Benar Seperti Ini

ILUSTRASI. Wajib Dilakukan! 5 Cara Menyimpan Produk Skincare yang Benar Seperti In


MOMSMONEY.ID - Jangan sepelakan skincare, Anda harus tahu cara menyimpan produk skincare yang benar. 

Ketika menyimpan produk skincare tidak boleh asal-asalan, supaya produk skincare dapat bekerja maksimal bagi kulit, pemakaian produk bisa lama dan awet.

Lebih jelasnya, berikut lima cara menyimpan produk skincare yang benar dilansir dari blog.avoskinbeauty.com

1. Hindari sinar matahari langsung

Cara menyimpan produk skincare dengan benar adalah hindari sinar matahari langsung. Hampir semua produk skincare sangat sensitif dengan paparan sinar matahari, panas, perubahan suhu dan kelembapan.

Faktor-faktor ini bisa mempengaruhi formula tekstur produk dan menimbulkan bakteri dalam produk. Jadi, selalu pastikan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung dan tempat yang lembap.

2. Simpan produk di luar kamar mandi & jauhkan dari air

Cara menyimpan produk skincare selanjutnya adalah simpan produk di luar kamar mandi dan jauhkan dari air. Biasanya meletakkan produk perawatan rambut, body wash, hingga cleansing products di kamar mandi.

Namun, meletakkan produk-produk skincare seperti toner, serum, atau krim sebaiknya disimpan dalam lemari yang punya pintu sehingga bisa buka dan tutup dengan mudah dan produk di dalamnya juga aman.

Hal ini dikarenakan temperatur di dalam kamar mandi mudah berubah-ubah. Menyimpan produk skincare di kabinet bisa menjaga produk tidak terpengaruh oleh panas, kelembapan, atau perubahan suhu.

Baca Juga: Inilah 4 Cara Mengencangkan Kulit Wajah dengan Benar

3. Catat tanggal membuka produk skincare

Perhatikan dan catat tanggal membuka produk skincare. Banyak sekali orang yang terus menggunakan produk meskipun sudah melewati tanggal kadaluarsa atau lupa tanggal pertama kali membuka produk.

Jika tetap menggunakan produk yang sudah melewati tanggal kadaluarsa, ini bisa membuat kulit iritasi dan menimbulkan masalah kulit. Oleh karena itu, Anda bisa tempel tulisan tanggal kadaluarsa dan tanggal pertama kali membuka skincare pada kemasan produk.

4. Pastikan produk bersih dan tertutup rapat

Cara menyimpan produk skincare berikutnya adalah pastikan produk bersih dan tertutup rapat. Ada saat di mana produk skincare menjadi kotor apalagi di bagian isi produk keluar atau pinggirannya. Perlunya menjaga kebersihan dan sanitasi produk skincare, bisa dengan mengusapnya dengan tisu bersih atau kapas.

Selalu simpan produk dengan baik dan tertutup rapat. Jika produk ada penutupnya jangan sampai hilang dan selalu pastikan menutupnya dengan rapat.

Ditambah lagi dengan penggunaan alat tambahan seperti spatula yang menyentuh kulit secara langsung, Anda harus pastikan untuk menjaga kebersihan alat yang kamu gunakan.

Bersihkan peralatan setelah menggunakannya dan langsung keringkan. Anda juga bisa menggunakan spatula yang berbeda untuk setiap produk dengan kandungan yang berbeda.

5. Hindari mengambil dengan tangan

Terakhir, cara menyimpan produk skincare adalah hindari mengambil dengan tangan. Biasanya ini untuk produk dengan tekstur krim. Ada beberapa orang yang lebih memilih mengambil produk dengan tangan dibandingkan spatula.

Namun, Anda harus memastikan tangan dalam kondisi yang bersih, tangan adalah salah satu bagian tubuh yang paling banyak bakteri.

Jadi, jangan menyentuh isi produk secara langsung karena ini akan menginfeksi produk dan menambah bakteri pada produk skincare. Selalu pastikan Anda menggunakan spatula dan hindari mengambil isi produk dengan tangan langsung.

Itulah lima cara menyimpan produk skincare dengan benar. Tidak sulit, kan?

Selanjutnya: Promosi Sawit Berkelanjutan, Austindo (ANJT) Sambut Perwakilan Kedutaan AS dan Eropa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER