Bugar

Wajib Dikonsumsi! Inilah 5 Makanan yang Baik untuk Penderita Batu Ginjal

Wajib Dikonsumsi! Inilah 5 Makanan yang Baik untuk Penderita Batu Ginjal

MOMSMONEY.ID - Batu ginjal atau nefrolitiasis adalah kondisi ketika material keras seperti batu terbentuk di dalam ginjal.

Umumnya batu ginjal terdiri atas kalsium oksalat, namun dapat juga tersusun dari senyawa lainnya, dikutip dari Medical News Today.

Penyakit batu ginjal bisa menyebabkan sakit saat buang air kecil. Untuk penderita batu ginjal, memilih makanan yang tepat sangatlah penting untuk mencegah kambuh.   

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 menunjukkan bahwa batu ginjal merupakan penyakit ginjal terbanyak yang dialami oleh masyarakat Indonesia. 

Selain itu, sekitar 70%-80% orang yang pernah mengalami penyakit batu ginjal akan kembali mengalami penyakit tersebut.

Ulasan di bawah ini akan menjelaskan mengenai makanan sehat bagi penderita batu ginjal atau makanan yang baik untuk ginjal pada umumnya.  

Baca Juga: Kenali Gejala Penyakit Batu Empedu, Salah Satunya Sering Nyeri Bahu Sebelah Kanan

Dirangkum dari Mayo Clinic, beberapa makanan berikut ini memiliki kandungan yang baik untuk ginjal, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan ginjal, antara lain: 

Konsumsi banyak air putih

Konsumsilah air putih dalam jumlah yang cukup (1,5-2 liter per hari) baik untuk mengatasi dan mencegah semua jenis batu ginjal, Ini sangat penting karena salah satu penyebab utama batu ginjal adalah dehidrasi atau kurang cairan.  

Sayuran (kol, bunga kol, paprika, dan lobak)

Sayur-sayuran ini memiliki kadar kalium yang rendah, serta mengandung vitamin C dan antioksidan lain yang baik untuk kesehatan ginjal, terutama dalam menangkal dampak buruk dari radikal bebas.  

Apel

Apel termasuk buah rendah kandungan kalium yang ramah untuk ginjal. Apel juga mengandung serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan glukosa darah.   

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda disarankan mengonsumsi apel dengan kulitnya yang telah dicuci bersih.    

Baca Juga: Cari Tahu Yuk! Ini Tips Memilih Suplemen Vitamin C yang Tepat

Putih telur

Putih telur merupakan sumber protein yang rendah kandungan fosfor, sehingga baik untuk ginjal. Namun, batasi konsumsi kuning telur, karena bagian ini mengandung banyak fosfor  

Bawang

Untuk membatasi asupan garam dalam menu makan, Anda bisa menggunakan bawang sebagai pengganti bumbu tersebut. Bawang dapat membuat sajian tetap terasa lezat sekaligus sehat. 

Cobalah gunakan bawang putih dan bawang bombay sebagai bumbu dalam masakan, karena keduanya rendah kalium dan fosfor.    

Selain mengonsumsi makanan yang baik untuk ginjal, Anda juga disarankan untuk minum air putih sekitar 8 gelas per hari, tidak berlebihan minum vitamin atau suplemen herbal serta membatasi asupan kafein.  

Penderita juga harus menghindari minuman beralkohol dan makanan atau minuman yang mengandung banyak bahan kimia, seperti pewarna, perasa, dan pengawet makanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News