HOME, Bugar

Wajib Dikonsumsi! Inilah 5 Buah yang Bisa Menurunkan Kolesterol Setelah Lebaran

Wajib Dikonsumsi! Inilah 5 Buah yang Bisa Menurunkan Kolesterol Setelah Lebaran

MOMSMONEY.ID - Makanan khas lebaran bisa memicu peningkatan kolesterol dalam tubuh. Makanya, setelah lebaran banyak sekali yang mengalami kenaikan kolesterol. 

Ini bisa terjadi karena saat berkumpul dengan keluarga, tanpa terasa Anda menjadi sulit mengontrol diri untuk mengonsumsi berbagai makanan lezat yang disajikan.

Bukan hanya kenaikan berat badan, meningkatnya kadar kolesterol juga menjadi risiko yang bisa Anda alami setelah banyak mengonsumsi makanan saat lebaran.

Untuk itu, jangan lupa memperbanyak air putih, rutin berolahraga, dan memperbanyak asupan sayur atau buah untuk menurunkan kolesterol usai lebaran. 

Baca Juga: 5 Buah Ini Ampuh Menurunkan Darah Tinggi Jika Dikonsumsi Rutin

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa buah yang bisa menurunkan kolesterol setelah lebaran, antara lain:                    

1. Semangka

Buah yang bisa menurunkan kolesterol setelah lebaran pertama adalah semangka. Semangka dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi.

Selain itu, semangka juga memiliki kandungan likopene yang mampu mencegah adanya radikal bebas dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Beri

Buah yang bisa menurunkan kolesterol setelah lebaran kedua adalah buah beri. Ada bermacam-macam jenis buah beri yang bisa Anda temukan, seperti blackberry, rasberi, dan stroberi.

Tidak ada salahnya mengonsumsi berbagai jenis buah beri sebagai camilan sehat agar kolesterol dalam tubuh lebih mudah untuk dikontrol.

3. Pir

Buah yang bisa menurunkan kolesterol setelah lebaran ketiga adalah buah pir. Pasalnya, buah ini tinggi kandungan serat alaminya.

Satu buah pir dalam ukuran sedang dapat mencukupi 16% kebutuhan serat harian Anda. Bahkan, nilai serat dari buah pir lebih tinggi daripada buah apel.

Baca Juga: Konsumsi 5 Buah-buahan Ini Untuk Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

4. Alpukat

Buah yang bisa menurunkan kolesterol setelah lebaran keempat adalah alpukat. Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung.

Salah satu buah penurun kolesterol ini juga kaya akan vitamin, mineral, serta senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.

5. Jeruk

Buah yang bisa menurunkan kolesterol setelah lebaran kelima adalah jeruk. Jeruk memiliki berbagai kandungan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Namun, sebaiknya hindari memberikan gula atau pemanis tambahan dan sebaiknya konsumsi jeruk dalam bentuk buah

Itulah berbagai jenis buah untuk menurunkan kolesterol usai lebaran. Selain berbagai jenis buah, Anda juga bisa mengonsumsi makanan lainnya, seperti kacang-kacangan, oats, hingga ikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News