Bugar

Wajib Dikonsumsi! 5 Makanan Ini Bisa Mengurangi Gejala Asam Lambung

Wajib Dikonsumsi! 5 Makanan Ini Bisa Mengurangi Gejala Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Penyakit asam lambung adalah kondisi yang terjadi ketika asam dari lambung naik kembali ke kerongkongan. 

Meskipun kondisi tersebut umum terjadi, penyakit asam lambung bisa menyebabkan gejala yang mengganggu seperti sensasi panas di dada atau heartburn. 

Ynag perlu Anda lakukan adalah membuat perubahan pola makan yang bisa membantu meringankan gejala penyakit asam lambung. 

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Ini 5 Gejala Penyakit Asam Lambung yang Perlu Diwaspadai

Dilansir dari Medical News Today, inilah beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk membantu mengurangi gejala asam lambung, antara lain:  

Oatmeal

Makanan untuk mengurangi gejala asam lambung yang pertama adalah outmeal. Oatmeal mengandung serat yang sangat baik untuk penderita penyakit asam lambung. 

Tidak hanya itu, kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan pada oatmeal juga dapat menurunkan berat badan dan mengurangi kadar gula darah. 

Sayuran hijau

Makanan untuk mengurangi gejala asam lambung yang kedua adalah mengonsumsi sayuran hijau karena memiliki kadar gula dan lemak yang rendah.

Beberapa pilihan sayuran hijau yang baik dikonsumsi saat asam lambung naik, antara lain brokoli, asparagus, kacang hijau, kembang kol, bayam, kangkung, dan timun. 

Buah pisang

Makanan untuk mengurangi gejala asam lambung yang ketiga adalah buah pisang. Kandungan buah pisang bisa meredakandengan cara melapisi lapisan esofagus yang teriritasi. 

Pisang juga memiliki serat yang tinggi yang bisa membantu mencegah gangguan pencernaan. Hal ini baik karena makanan yang tinggal dalam waktu lama akan terus menghasilkan asam. 

Salah satu serat larut yang ditemukan dalam pisang yaitu pektin, bermanfaat membantu memperlancar perpindahan isi perut melalui saluran pencernaan. 

Baca Juga: Ketahui Manfaat Shirataki untuk Kesehatan Sebelum Mengonsumsinya

Daging tanpa lemak dan ikan

Makanan untuk mengurangi gejala asam lambung yang keempat adalah daging tanpa lemak dan ikan.  

Daging sapi, ayam, dan ikan yang diolah dengan cara dipanggang, dikukus, atau direbus juga bisa menjadi makanan yang baik untuk penderita asam lambung.  

Seafood yang rendah lemak juga baik untuk dikonsumsi, asalkan tidak digoreng dan tidak dikonsumsi secara berlebihan. 

Buah apel

Makanan untuk mengurangi gejala asam lambung yang kelima adalah apel karena memiliki kandungan kalsium, magnesium, dan kalium yang bisa meredakan gejala asam lambung.

Untuk mendapatkan manfaat apel yang satu ini, disarankan mengonsumsi buah apel merah setelah makan atau sebelum tidur, dan pilihlah apel yang rasanya manis. 

Jika gejala penyakit asam lambung belum juga reda segera berkonsultasilah ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News