Bugar

Wajib Dicoba Nih! Ini 5 Jenis Olahraga yang Bisa Menyehatkan Tulang dan Sendi

Wajib Dicoba Nih! Ini 5 Jenis Olahraga yang Bisa Menyehatkan Tulang dan Sendi

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa jenis olahraga yang dapat menyehatkan tulang dan sendi yang bisa Anda coba.

Menjaga kesehatan sendi dan tulang sangat penting, agar Anda bisa bergerak aktif, bebas, dan lincah tanpa ada gangguan rasa nyeri.  

Selain memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tulang dan sendi, berolahraga secara rutin juga merupakan cara yang ampuh untuk menjaga kesehatan keduanya.  

Menjaga kesehatan tulang sebaiknya sudah mulai dilakukan sejak usia anak-anak, agar Anda tidak mengalami pengeroposan tulang saat dewasa nanti. 

Tahukah Anda remaja yang memiliki tingkat kepadatan tulang yang rendah biasanya karena mereka kurang aktif bergerak pada saat anak-anak.  

Melansir dari Health Focus, berikut beberapa jenis olahraga yang dapat menyehatkan tulang dan sendi yang bisa Anda coba, antara lain: 

Baca Juga: Wajib Dicoba! Inilah 4 Olahraga yang Efektif Melancarkan Haid

1. Bersepeda

Olahraga yang dapat menyehatkan tulang dan sendi pertama adalah bersepda. Bersepeda adalah jenis olahraga yang menyenangkan dan menyehatkan. 

Di samping Anda bisa jalan-jalan di lingkungan sekitar, bersepeda dapat memperkuat otot-otot kaki. 

Saat Anda mengayuh sepeda otomatis Anda menggunakan otot-otot kaki, sehingga meningkatkan kekuatan tulang paha depan dan belakang serta memperkuat sendi-sendi lutut. 

2. Menari

Olahraga yang dapat menyehatkan tulang dan sendi kedua adalah menari. Menari salsa, samba, zumba, dan tango adalah sejumlah tarian yang menggunakan pinggul. 

Selain membuat jantung memompa lebih keras, menari juga dapat membangun tulang agar semakin kuat saat Anda rutin melakukannya. 

Aerobik, kickboxing dan semacamnya juga bisa dicoba karena melatih kekuatan otot serta tulang melalui gerakan dan langkah yang bervariasi.  

3. Olahraga raket

Olahraga yang dapat menyehatkan tulang dan sendi ketiga adalah olahraga raket. Tenis, squash, dan tenis dayung mampu meningkatkan kepadatan tulang. 

Setiap kali Anda mengayunkan raket, gerakan tersebut mampu menekankan lengan, pergelangan tangan, dan bahu. Berlari mengejar bola juga dapat melatih pinggul dan tulang belakang. 

4. Berjalan kaki

Olahraga yang dapat menyehatkan tulang dan sendi selanjutnya adalah berjalan kaki.  

Berjalan kaki adalah jenis kegiatan olahraga ringan yang tidak akan memberikan tekanan pada lutut secara berlebihan, sehingga aman untuk dilakukan oleh pengidap nyeri sendi lutut. 

Berjalan kaki akan membuat otot-otot dan sendimu bergerak, sehingga baik untuk meningkatkan kekuatannya. 

Baca Juga: Tidak Perlu Minum Obat, Ini Cara Meredakan Sakit Kepala Secara Alami

5. Tai chi

Olahraga yang dapat menyehatkan tulang dan sendi terakhir adalah tai chi.  

Olahraga yang melibatkan banyak gerakan peregangan, seperti tai chi, bisa membantu persendian Andaagar siap untuk latihan yang lebih intens. 

Latihan yang bisa meningkatkan fleksibilitas ini juga memungkinkan Anda untuk mempertahankan rentang gerak yang penuh yang bisa dicapai oleh sendi. 

Itulah beberapa jenis olahraga yang dapat menyehatkan tulang dan sendi yang bisa Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News