HOME, Bugar

Wajib Dicoba! Inilah 5 Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Wajib Dicoba! Inilah 5 Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran

MOMSMONEY.ID - Kenaikan berat badan adalah hal yang sering dialami oleh banyak orang setelah lebaran. Pasalnya, berbagai makanan lezat kerap tersaji saat lebaran.  

Namun, memerhatikan porsi makan, memperbanyak buah, dan tetap berolahraga menjadi cara yang bisa dilakukan untuk menjaga berat badan setelah lebaran. 

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa cara menjaga berat badan setelah lebaran yang bisa Anda lakukan, antara lain:  

Baca Juga: Menu Sehat Menyambut Lebaran yang Bisa Dicoba di Rumah

1. Pola makan teratur

Cara menjaga berat badan setelah lebaran yang pertama adalah menerapkan pola makan teratur.  

Dengan makan teratur, Anda juga bisa menjaga kesehatan pencernaan setelah Lebaran dan makan-makan lezat kemarin. 

2. Perhatikan porsi makan 

Cara menjaga berat badan setelah lebaran yang kedua adalah memperhatikan porsi makanan yang Anda konsumsi.   

Berbagai sajian makanan lezat memang menjadi ciri khas lebaran, tetapi sebaiknya perhatikan jumlah makanan yang Anda konsumsi. 

3. Sarapan

Cara menjaga berat badan setelah lebaran yang ketiga adalah sarapan. Mungkin Anda berpikir melewatkan waktu sarapan adalah cara tercepat menurunkan berat badan setelah Lebaran. 

Sayangnya, hal ini tidaklah benar. Melewatkan waktu sarapan tidak membantu menurunkan berat badan. 

Malah, Anda dapat kehilangan nutrisi penting, yang membuat Anda berakhir dengan terus-terusan ingin ngemil seharian karena merasa kelaparan. 

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Berat Badan Setelah Lebaran

4. Perbanyak asupan serat

Cara menjaga berat badan setelah lebaran yang keempat adalah memperbanyak asupan serat. Makanan mengandung serat bisa dipilih sebagai menu diet untuk menurunkan berat badan.  

Hal ini karena serat mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, keinginan untuk makan pun menjadi lebih terkendali. 

5. Berolahraga

Cara menjaga berat badan setelah lebaran yang kelima adalah rutin berolahraga. Meski libur Lebaran, bukan berarti olahraga juga libur. 

Berolahraga dapat menjadi salah satu cara menurunkan berat badan setelah lebaran. Anda bisa mencoba olahraga dengan intensitas rendah, seperti yoga, pilates, atau jogging.  

Jika sudah biasa berolahraga, pilihlah jenis latihan dengan intensitas sedang atau berat. Sesuaikan dengan jenis yang Anda sukai agar menjalankannya terasa lebih ringan. 

Itulah beberapa cara menjaga berat badan setelah lebaran yang perlu Anda ketahui dan bisa Anda coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News