Bugar

Wajib Dicoba! Inilah 5 Olahraga yang Cocok untuk Penderita Diabetes

Wajib Dicoba! Inilah 5 Olahraga yang Cocok untuk Penderita Diabetes

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa olahraga yang cocok untuk penderita diabetes. Penderita diabetes wajib melakukan olahraga secara rutin.

Pasalnya, olahraga rutin bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Meskipun dianjurkan, penderita diabetes (diabetesi) harus menyesuaikan kondisi kesehatannya dengan jenis olahraga dan intensitas yang dilakukan.  

Jenis olahraga diabetes yang direkomendasikan adalah senam aerobik, yang melibatkan pergerakan grup otot besar.

Olahraga jenis ini sangat baik untuk dilakukan oleh penderita diabetes sebanyak 2 hari sekali, dengan durasi minimal 30 menit. 

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa olahraga yang cocok untuk penderita diabetes: 

1. Menari

Olahraga yang cocok untuk penderita diabetes adalah menari. Tak semua orang mungkin mengetahui kalau menari termasuk juga ke dalam jenis olahraga.

Makanya, Anda bisa pilih olahraga satu ini, untuk membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Menarilah selama sekitar 25 menit, sebanyak 3 kali dalam seminggunya.

Selain menurunkan kadar gula darah, menari juga akan mengurangi level stres, dan membakar kalori.   

Baca Juga: Daftar Obat Radang Tenggorokan di Apotek Tanpa Resep Dokter

2. Tai chi

Olahraga yang cocok untuk penderita lainnya adalah tai chi. Jenis olahraga yang tepat untuk diabetes selanjutnya adalah tai chi.

Tai chi merupakan aktivitas yang diisi dengan gerakan tubuh yang dilakukan secara lambat dan rileks, lalu dipadukan dengan teknik pernapasan khusus. 

Tai chi sangat ideal bagi penderita diabetes, karena tak hanya membuat bugar tubuh, namun juga mengurangi stres, sehingga gula darah pun bisa stabil.  

3. Jalan kaki

Jenis olahraga yang paling mudah dan gampang untuk dilakukan adalah berjalan kaki.

Anda tak membutuhkan peralatan apa pun untuk melakukan olahraga ini. Berjalan kakilah dengan rutin, setidaknya selama 30 menit, setiap 5 hari dalam seminggu. 

Rutin berjalan kaki diketahui bisa mengurangi kadar gula darah dalam tubuh, serta mengurangi berat badan.   

Baca Juga: Tidak Banyak Diketahui, Ini 10 Manfaat Daun Krokot untuk Kesehatan

4. Yoga 

Olahraga yang cocok untuk penderita diabetes selanjutnya adalah yoga. Ingin melakukan olahraga yang bisa menurunkan kadar gula darah, sekaligus menghilangkan stres?

Jika iya, maka yoga merupakan olahraga yang tepat untuk Anda lakukan. Anda bisa mendaftarkan diri ke kelas yoga yang ada di sekitar Anda, untuk memulai olahraga yang menenangkan ini.

Jangan heran jika nantinya Anda bisa tidur dengan pulas setelah ikut kelas yoga tersebut.  

5. Bersepeda statis dalam ruangan

Olahraga yang cocok untuk penderita diabetes terakhir adalah bersepeda statis dalam ruangan. Hal ini baik untuk dilakukan oleh penderita diabetes maupun orang sehat pada umumnya. 

Mengayuh sepeda statis di dalam ruangan dapat meningkatkan kekuatan dan massa otot di seluruh tubuh bagian bawah Anda. 

Jika memiliki kondisi diabetes khusus sehingga kesulitan untuk memilih jenis aktivitas fisik tertentu, tak perlu sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter.  

Itulah beberapa olahraga yang cocok untuk penderita diabetes yang bisa Anda lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News