Bugar

Wajib Dicoba! Ini Sederet Makanan yang Mengandung Banyak Vitamin D

Wajib Dicoba! Ini Sederet Makanan yang Mengandung Banyak Vitamin D

MOMSMONEY.ID - Vitamin D menjadi salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, dan tidak hanya untuk mencegah penyakit osteoporosis saja. 

Selain mencegah osteoporosis, konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin D bisa mengurangi risiko terjadinya berbagai penyakit, termasuk tekanan darah tinggi, penyakit kanker, penyakit jantung, dan depresi. 

Vitamin D memang memiliki peran penting dalam membentuk dan menjaga tulang tetap kuat dan agar tehindar dari penyakit osteoporosis.

Namun, ada pula manfaat lain dari vitamin D yang diperlukan tubuh, seperti mendukung jalannya sistem imun yang optimal dan beberapa penyakit yang sudah disebutkan di atas.

Baca Juga: Manfaat Rutin Mengonsumi Sari Kedelai untuk Kesehatan Tubuh

Jika Anda memiliki kekhawatiran tidak mendapatkan cukup vitamin D dari sinar matahari langsung, mengonsumsi beberapa makanan sumber vitamin D berikut ini bisa jadi solusi.

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah sederet makanan yang mengandung banyak vitamin D yang bisa rutin Anda konsumsi, antara lain: 

Kuning telur

Makanan yang mengandung banyak vitamin D pertama adalah kuning telur. Kuning telur merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D.

Dalam satu buah kuning telur terkandung sekitar 40 IU vitamin D. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan vitamin D dari telur, tetap batasi jumlah telur yang Anda konsumsi dalam satu hari.

Jamur

Makanan yang mengandung banyak vitamin D kedua adalah jamur. Jamur bisa menjadi pilihan makanan yang mengandung vitamin D bagi Anda yang vegetarian.

Sama halnya dengan manusia, jamur memproduksi vitamin D dari paparan sinar UV. Dalam 100 gram jamur jenis portobello misalnya, terkandung setidaknya 400 IU vitamin D.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat yang Didapat dari Mengonsumsi Brokoli. Cari Tahu Yuk!

Ikan salmon

Makanan yang mengandung banyak vitamin D selanjutnya adalah ikan salmon. Ikan salmon mengandung vitamin D, sumber protein, dan kaya kandungan Omega-3 yang dibutuhkan tubuh.

100 gram ikan salmon yang sudah dimasak mengandung sekitar 447 IU vitamin D. Ikan lain yang memiliki kandungan vitamin D tinggi adalah ikan tenggiri dan ikan sarden.

Makanan yang diperkaya Vitamin D

Makanan yang mengandung banyak vitamin D terkhir adalah makanan olahan yang diperkaya dengan kandungan vitamin D. Makanan seperti ini disebut makanan yang diperkaya vitamin D.

Produsen menambahkan vitamin D ke banyak makanan yang tersedia secara komersial. Beberapa makanan dan minuman yang dimaksud adalah susu, jus jeruk, dan sereal.

Itulah sederet makanan yang mengandung banyak vitamin D. Mendapatkan cukup vitamin D sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Cara termudah untuk mendapatkan cukup vitamin D adalah secara teratur menghabiskan waktu di luar, memastikan lengan, wajah, dan kaki terpapar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News