Bugar

Wajib Dicoba! Ini Sederet Cara Ampuh Mencegah Penyakit Diabetes di Usia Muda

Wajib Dicoba! Ini Sederet Cara Ampuh Mencegah Penyakit Diabetes di Usia Muda

MOMSMONEY.ID - Inilah sederet cara ampuh mencegah penyakit diabetes di usia muda. Diabetes bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, termasuk di usia muda.

Penyakit ini terjadi karena meningkatnya kadar gula darah hingga berada jauh di atas angka normal. Meski umum terjadi di Indonesia, penyakit ini tidak boleh disepelekan begitu saja.

Sebab, penyakit ini bisa membuat pengidapnya mengalami sejumlah gejala, termasuk penurunan penglihatan dan sulit sembuh dari luka. 

Diabetes juga sering dikaitkan dengan berbagai macam masalah kesehatan serius, seperti kebutaan, gagal ginjal sampai serangan jantung.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, berolahraga, serta menghindari kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan.  

Melansir dari Mayo Clinic, inilah sederet cara ampuh mencegah penyakit diabetes di usia muda, antara lain: 

Baca Juga: Jogging Setiap Hari, Ini Sederet Manfaat Jogging untuk Kesehatan

1. Menurunkan berat badan berlebih

Cara ampuh mencegah penyakit diabetes di usia muda yang pertama adalah dengan menurunkan berat badan berlebihan. 

Bila Anda memiliki berat badan berlebih atau obesitas, menghilangkan 7% dari berat badan Anda dapat membantu mencegah diabetes.

Untuk menjaga berat badan tetap ideal, fokuslah pada perubahan kebiasaan makan dan olahraga secara permanen. 

Motivasi diri Anda sendiri dengan mengingat manfaat menurunkan berat badan, seperti jantung yang lebih sehat, energi lebih kuat, dan kepercayaan diri meningkat. 

2. Batasi minuman beralkohol dan merokok

Cara ampuh mencegah penyakit diabetes di usia muda yang kedua adalah membatasi minuman beralkohol dan merokok. 

Di usia muda, Anda juga perlu membatasi minuman beralkohol dan merokok demi mencegah diabetes.

Hal ini karena kandungan nikotin pada rokok dapat merusak sel pankreas yang berfungsi memproduksi insulin, sehingga akhirnya meningkatkan risiko Anda terkena diabetes. 

3. Konsumsi makanan sehat

Cara ampuh mencegah penyakit diabetes di usia muda yang ketiga adalah mengonsumsi makanan sehat. 

Mengubah pola makan merupakan cara pertama yang bisa Anda lakukan di usia muda bila tidak ingin mengalami diabetes. 

Bila selama ini Anda sering mengonsumsi makanan berlemak tinggi, mengandung kadar gula tinggi, dan serba diproses seperti makanan siap saji atau makanan dalam kalengan, gantilah dengan makanan yang lebih sehat.

Baca Juga: Sederet Makanan yang Ampuh Menurunkan Kadar Gula Darah

4. Tidur yang cukup

Cara ampuh mencegah penyakit diabetes di usia muda yang selanjutnya adalah tidur yang cukup. Tahukah Anda, kurang tidur dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes tipe 2.

Hal ini karena kurang tidur akan memberikan respon stres pada tubuh, sehingga terjadi pelepasan hormon stres yaitu kortisol dan norepinephrine yang berkaitan dengan resistensi insulin. 

Meskipun di usia muda dan masih memiliki energi dan semangat yang tinggi untuk aktivitas, tapi sebaiknya kurangi kebiasaan begadang dan pastikan kebutuhan istirahat Anda terpenuhi.

5. Kelola stres

Cara ampuh mencegah penyakit diabetes di usia muda yang terakhir adalah mengelola stres dengan baik. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, stres yang tinggi dapat memicu tubuh menghasilkan hormon stres yang berkaitan dengan resistensi insulin.

Jadi, sangat penting bagi Anda yang masih muda untuk mengelola stres dengan baik. 

Istirahat yang cukup, melakukan hal-hal yang Anda senangi, serta sering bersosialisasi dengan teman dan keluarga merupakan cara-cara yang bisa membantu Anda menghilangkan stres. 

Jaga selalu kebugaran tubuh dan turunkan risiko penyakit dengan mengonsumsi multivitamin tambahan jika dibutuhkan serta rutin melakukan cek kesehatan ke dokter. 

Itulah sederet cara ampuh mencegah penyakit diabetes di usia muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News