Bugar

Wajib Dicoba! Ini Sederet Bahan Alami Atasi Mendengkur Saat Tidur

Wajib Dicoba! Ini Sederet Bahan Alami Atasi Mendengkur Saat Tidur

MOMSMONEY.ID - Mendengkur bisa jadi tanda penyakit tertentu, untuk mencegahnya ada sederet bahan alami untuk atasi mendengkur saat tidur yang bisa Anda coba. 

Mendengkur atau sleep apnea adalah kondisi lain yang menyebabkan seseorang sering mendengkur.

Mendengkur adalah salah satu masalah kesehatan yang terjadi ketika pernapasan seseorang berulang kali berhenti sesaat, dikutip dari Sleep Education.

Jika Anda sering mendengkur dan merasa lelah bahkan setelah tidur malam penuh, maka Anda mungkin mengidap sleep apnea.  

Tidak hanya mengganggu orang lain, kebiasaan mendengkur, menurut Mayo Clinic, bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan seperti obstructive sleep apnea. 

Dalam jangka panjang, penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi seperti mengantuk di siang hari, bangun dengan badan kelelahan, dan meningkatkan risiko penyakit kronis. 

Jangan khawatir untuk mencegah penyakit yang timbul akibat kebiasaan mendengkur saat tidur, Anda bisa mengatasi mendengkur dengan mengonsumsi bahan-bahan alami ini.

Dirangkum dari Times of India, berikut sederet bahan alami untuk atasi mendengkur saat tidur yang bisa Anda coba, antara lain: 

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Ini Sederet Gejala Penyakit Jantung yang Harus Dipahami

1. Nanas, pisang, dan jeruk

Bahan alami atasi mendengkur saat tidur yang pertama dengan rutin mengonsumsi buah nanas, pisang dan jeruk. 

Hal ini dapat dicapai dengan meningkatkan jumlah melatonin yang diproduksi dalam tubuh. Melatonin sendiri adalah hormon yang membuat Anda mengantuk. 

Cara efektif untuk meningkatkan kadar hormon tersebut adalah mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan tersebut.

Nanas, pisang, dan jeruk merupakan buah yang memiliki kandungan melatonin yang tinggi dan bisa membantu mengurangi dengkuran saat tidur.  

2. Bawang putih, bawang merah, dan lobak

Bahan alami atasi mendengkur saat tidur yang kedua adalah bawang putih, bawang merah dan lobak. 

Beberapa bumbu dapur dengan aromatik yang kuat seperti bawang putih, bawang merah, dan lobak membantu mencegah hidung kering dan mencegah hidung tersumbat. 

Hal ini juga efektif untuk mengurangi pembengkakan pada amandel dan mencegah sleep apnea atau mendengkur saat tidur.

Anda bisa mengunyah bawang putih atau bawang merah atau lobak sebelum tidur atau bisa menambahkannya ke dalam makanan. 

Baca Juga: Waspada! Ini 4 Bahan Makanan Pemicu Kanker yang Harus Dihindari

3. Minyak zaitun

Bahan alami atasi mendengkur saat tidur yang selanjutnya adalah minyak zaitun. Mengonsumsi sedikit minyak zaitun extra virgin sebelum tidur juga dapat memperlancar saluran udara.

Ini juga mencegah otot tenggorokan menghalangi tenggorokan saat Anda tidur. Waktu istirahat malam pun menjadi lebih nyaman dan mencegah mendengkur saat tidur.

4. Susu kedelai

Bahan alami atasi mendengkur saat tidur yang lainnya adalah susu kedelai. Produk susu juga dapat menyebabkan mendengkur karena meningkatkan dahak. 

Hal ini terjadi karena beberapa jenis protein tertentu dari susu sapi dapat menyebabkan reaksi alergi ringan hingga parah. 

Hal tersebut mengakibatkan hidung tersumbat dan menutup saluran hidung serta meningkatkan dengkuran. Anda bisa mencoba mengganti susu sapi dengan susu kedelai untuk meredakannya. 

Baca Juga: Anak Sering Batuk dan Mudah Lelah? Ini Sederet Gejala Awal Penyakit Asma pada Anak

5. Teh jahe dan madu

Bahan alami atasi mendengkur saat tidur yang terakhir adalah konsumsi teh jahe dan madu. Jahe menjadi bahan alami rumahan yang sangat mudah ditemukan.

Bumbu rempah ini dapat mengatasi banyak masalah kesehatan, mulai dari sakit perut, penurunan berat badan, masalah jantung hingga batuk dan pilek biasa. 

Jahe berperan sebagai anti-inflamasi dan antibakteri sekaligus meningkatkan sekresi air liur. Kandungan tersebut akan membantu menenangkan tenggorokan sekaligus meredakan dengkuran.  

Itulah beberapa bahan alami untuk atasi mendengkur saat tidur yang bisa Anda coba.

Jika menggunakan bahan tersebut tidak membantu mengurangi dengkuran yang Anda alami, Anda bisa langsung mengecek kondisi kesehatan di rumah sakit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News