Bugar

Wajib Dicoba! Ini Dia Manfaat Susu Kedelai untuk Penderita Asam Lambung

Wajib Dicoba! Ini Dia Manfaat Susu Kedelai untuk Penderita Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Susu kedelai dapat menjadi pilihan yang aman bagi penderita asam lambung karena rendah lemak.

Satu gelas susu kedelai (200 ml) hanya mengandung 5 gram lemak, lebih rendah dari susu sapi dengan jenis whole milk.

Susu kedelai yang dibuat dari kacang kedelai yang digiling dan direbus, mempunyai kandungan lemak jenuh yang rendah, bebas kolesterol, dan tidak mengandung laktosa. 

Jika yang Anda maksud susu kedelai dapat menyembuhkan penyakit maag, maka sampai saat ini dalam dunia medis sebelum terdapat penelitian yang membuktikan hal tersebut.

Baca Juga: Begini Cara Mencegah Pikun di Usia Muda

Susu kedelai sendiri mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh sebagai penyehat tulang karena kandungan vitamin D. 

Susu kedelai juga bisa membantu memproduksi sel darah merah oleh karena mengandung vitamin B12, meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung zinc, mengurangi resiko gangguan jantung karena kedelai tinggi kandungan asam lemak seperti Omega - 3.

Pengkonsumsian susu kedelai harus secara seimbang, susu kedelai yang mengandung 10 mg kedelai per hari masih direkomendasikan dan tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan.

Berikut ini risiko pengkonsumsian kedelai dalam dosis tinggi, yaitu meningkatkan risiko gangguan fungsi tiroid, bertambahnya kadar hormon estrogen sehingga mengganggu keseimbangan hormon, dll.

Baca Juga: Wajib Dicoba! Ini Sederet Makanan yang Mengandung Banyak Vitamin D

Susu rendah lemak atau susu alternatif mungkin dapat menjadi opsi yang lebih aman bagi perut Anda. Akan tetapi, jika perut Anda masih juga terasa tak nyaman setelah minum susu, sebaiknya konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan solusinya.

Berikut ini beberapa minuman yang dianjurkan untuk dihindari bagi penderita penyakit maag, yaitu minuman beralkohol, minuman yang bersoda atau berkarbonasi, minuman yang mengandung asam, minuman yang mengandung kafein.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News