HOME, Bugar

Wajib Dicoba! Ini 5 Cara Ampuh Mencegah Osteoporosis di Usia Muda

Wajib Dicoba! Ini 5 Cara Ampuh Mencegah Osteoporosis di Usia Muda

MOMSMONEY.ID - Osteoporosis adalah penyakit tulang yang ditandai dengan menurunnya kepadatan tulang. Osteoporosis terjadi pada siapa saja, namun paling sering menimpa lansia.

Osteoporosis memang diidap lansia, sehingga remaja dan orang dewasa tak begitu peduli. Padahal, kebiasan seperti tak aktif bergerak bisa menyebabkan tulang gampang rapuh di usia tua.  

Berita baiknya, osteoporosis bisa dicegah di usia muda. Salah satu cara yang perlu dilakukan sebagai tindakan pencegahan osteoporosis adalah menerapkan pola hidup sehat. 

Baca Juga: Manfaat Berjemur pada Sinar Matahari Pagi untuk Kesehatan Tubuh

Dilansir dari Everyday Health dan Web MD, berikut ini adalah cara ampuh mencegah osteoporosis di usia muda yang bisa Anda lakukan, antara lain: 

1. Melakukan aktivitas fisik secara rutin

Cara ampuh mencegah osteoporosis di usia muda yang pertama adalah melakukan aktivitas fisik secara rutin. 

Semakin Anda malas bergerak, risiko untuk mengalami pengeroposan tulang akan semakin tinggi. Oleh karena itu, lakukanlah aktivitas fisik secara rutin dan teratur. 

Beberapa aktivitas sehari-hari yang bisa bantu memperkuat otot, misalnya mengangkat barang belanjaan, berolahraga menggunakan elastic band, push up, squat dan lain-lain. 

2. Konsumsi makanan tinggi kalsium

Cara ampuh mencegah osteoporosis di usia muda yang kedua adalah rutin mengonsumsi makanan tinggi kalsium. 

Kalsium dibutuhkan untuk memperkuat tulang, sehingga mineral ini sangat dibutuhkan untuk pencegahan osteoporosis. 

Anda bisa menemukan kalsium pada produk susu, seperti yoghurt dan keju, kacang-kacangan, sayuran hijau, serta makanan laut, seperti ikan sarden, salmon, dan udang. 

3. Hindari rokok dan alkohol

Cara ampuh mencegah osteoporosis di usia muda yang ketiga adalah menghindari rokok dan minum alkohol. 

Penelitian telah menunjukkan kaitan langsung antara penggunaan tembakau dan pengeroposan tulang, serta dapat memperpanjang waktu penyembuhan setelah patah tulang. 

Sementara itu, konsumsi alkohol yang berlebih juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan tulang Anda. Ini karena alkohol dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk menyimpan kalsium. 

Baca Juga: Sering Mengantuk Saat Bekerja? Inilah 5 Cara Ampuh Menghilangkannya

4. Hindari risiko terjatuh

Cara ampuh mencegah osteoporosis di usia muda yang keempat adalah menghindari risiko terjatuh. 

Anda bisa berlatih olahraga yang membantu keseimbangan dan berkonsultasi dengan dokter mengenai pengobatan untuk mengelola penyakit bawaan yang meningkatkan risiko terjatuh. 

5. Jangan takut dengan sinar matahari

Cara ampuh mencegah osteoporosis di usia muda yang kelima adalah rutin berjemur dan jangan takut dengan sinar matahari. Cobalah berjemur di pagi hari secara rutin.

Di pagi hari, sinar matahari bisa membantu tubuh memproduksi vitamin D secara alami. Usahakan tubuh terkena sinar matahari (sebelum jam 9) selama paling tidak 10 menit.

Terapkan pola hidup sehat sejak dini sebagai upaya untuk mencegah osteoporosis di usia lanjut. Dengan ini, masa tua akan tetap berkualitas tanpa perlu khawatir mengalami tulang keropos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News