Bugar

Wajib Dicoba! 4 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Wajib Dicoba! 4 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

MOMSMONEY.ID - Bikin tidak percaya diri, inilah beberapa cara menghilangkan komedo secara alami. Komedo merupakan masalah kulit yang sering dialami banyak orang.

Baik itu komedo hitam atau putih, kemunculannya di wajah cukup mengganggu karena membuat tampilan wajah menjadi kusam dan terasa kasar.

Namun, Anda masih bisa kok menghilangkan komedo di rumah dengan bahan-bahan alami. Selain bahan-bahan alami ini, perlu juga dibantu dengan kebersihan wajah dan mengonsumsi makanan yang sehat.

Melansir dari evamuliaclinic.com, berikut empat cara menghilangkan komedo secara alami dari rumah, yaitu: 

1. Putih Telur

Cara menghilangkan komedo secara alami adalah putih telur. Putih telur memang sudah lama dikenal mampu mengatasi masalah kulit seperti komedo dan jerawat. Pada kasus menghilangkan komedo, putih telur bisa dibuat dengan cara mengoleskan putih telur di wajah atau tepatnya di hidung.

Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit hingga putih telur mengering. Setelah itu, cuci muka hingga bersih. Sebelum mengoleskan putih telur ini, pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Anda bisa melakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

2. Gandum

Cara menghilangkan komedo selanjutnya dengan gandum. Gandum mempunyai vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Tidak sulit membuatnya yaitu cukup campurkan gandum dengan air secukupnya. Aduk rata untuk membentuk pasta. Oleskan secara merata ke wajah atau komedo.

Diamkan selama 30 menit atau sesuai kebutuhan. Kemudian bilas hingga bersih. Menggunakan gandum sebagai masker wajah dapat meremajakan kulit dan mengangkat sel kulit mati sehingga Anda dapat menggunakannya secara rutin.

Baca Juga: Moms Bisa Coba Nih, Inilah Cara Mengobati Miss V yang Lecet dan Perih

3. Lidah Buaya

Berikutnya, lidah buaya juga bisa menghilangkan komedo di wajah. Cukup mudah membuatnya yaitu ambil gel lidah buaya kemudian oleskan pada wajah atau hidung yang mengalami komedo. Diamkan selama 10-15 menit hingga gel lidah buaya mengering di wajah. 

Kemudian bilang dengan air hingga bersih. Anda bisa menggunakan masker lidah buaya ini selama 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal. Sebelum mengoleskannya, pastikan wajah Anda dalam keadaan bersih.

4. Uap Panas

Cara menghilangkan komedo secara alami lainnya adalah dengan uap panas. Cara ini sering dilakukan oleh banyak orang. Anda perlu merebus 1-2 liter air sampai mendidih. Kemudian masukkan air mendidih ke dalam wadah yang telah Anda siapkan. 

Kemudian semprotkan wajah Anda dengan wajah ke arah wadah tersebut, tetapi sebelumnya bersihkan wajah Anda terlebih dahulu. Lakukan penguapan sekitar 3-5 menit. Tekan titik-titik hitam saat mengukus.

Setelah selesai, bersihkan wajah Anda dengan handuk. Cara ini dianggap aman dan efektif untuk kulit, sehingga Anda bisa melakukannya setiap hari. 

Itulah beberapa cara menghilangkan komedo secara alami, selamat mencoba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News