Bugar

Wajib Coba! Pahami 5 Cara Mengatasi Masalah Kulit Kepala Berminyak

Wajib Coba! Pahami 5 Cara Mengatasi Masalah Kulit Kepala Berminyak

MOMSMONEY.ID - Terasa tidak nyaman, Anda bisa mencoba cara mengatasi masalah kulit kepala berminyak di sini. Kulit kepala berminyak termasuk salah satu masalah rambut yang sering dialami.

Penyebab umum rambut dan kulit kepala berminyak adalah kebiasaan makan yang tidak sehat, penggunaan obat-obatan, perawatan rambut yang salah, stres, fluktuasi hormon, dan perubahan cuaca.

Jika Anda sedang mengalami masalah rambut ini, simak cara mengatasi kulit kepala berminyak dilansir dari cnfstore.com

1. Gunakan sampo yang tepat

Cara pertama mengatasi kulit kepala berminyak adalah gunakan sampo yang tepat. Namun, hindari keramas berlebihan sebanyak lebih dari satu kali dalam sehari.

Banyak orang membuat kesalahan dengan keramas terlalu sering yang akhirnya menyebabkan kulit kepala benar-benar menghasilkan lebih banyak minyak.

Saat keramas, pilih produk sampo untuk berminyak dengan kandungan tea tree oil atau mentol. Hindari menggunakan sampo apapun dengan minyak tambahan seperti argan oil.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Makan Bernuansa Alam di Bogor, Cocok untuk Liburan

2. Periksa kondisi kulit kepala

Cara mengatasi kulit kepala berminyak selanjutnya adalah periksa kondisi kulit kepala. Kulit kepala kering bisa menghasilkan lebih banyak minyak karena untuk menyeimbangkan kelembapan.

Jika kulit kepala Anda kering, gunakan shampo yang diformulasikan untuk kulit kepala kering.

3. Batasi menyisir dan menyentuh rambut

Ternyata kebiasaan sering menyisir dan menyentuh rambut dapat menyebarkan minyak dari akar ke seluruh helai rambut. Jadi gunakan sisir bergigi lebar untuk menata rambut dan biarkan rambut tergerai.

Setelah rambut tertata, hindari terus-menerus bermain atau menyentuh rambut karena jari tangan Anda bisa menyimpan minyak alami rambut yang akan berpindah-pindah.

Baca Juga: Promo Traveloka Spesial 11, Diskon Xperience Indonesia 80% + Rp 110.000

4. Hentikan produk kondisioner

Pada jenis rambut berminyak, penggunaan produk kondisioner lebih baik untuk dihindari. Produk rambut yang mengandung unsur kilap, seperti hair oil atau pelembap, juga akan membuat rambut terlihat berminyak.

Jika harus mengkondisikan rambut dengan kondisioner, usahakan gunakan pada ujung rambut saja.

5. Konsumsi nutrisi yang tepat

Cara mengatasi kulit kepala berminyak lainnya adalah konsumsi nutrisi yang tepat. Kulit kepala berminyak yang sulit dikontrol mungkin disebabkan oleh beberapa kondisi medis, seperti polycystic ovary syndrome, liver congestion, dan penyakit autoimun.

Oleh sebab itu, konsumsi makanan dan suplemen berbasis zinc untuk membantu meningkatkan pertahanan kekebalan dan beta karoten untuk kesehatan kulit.

Konsumsi makanan sehat seperti biji-bijian, ikan, dan kaya vitamin E untuk membantu mengontrol produksi minyak. Vitamin B6 atau essential fatty acid juga dapat membantu mengendalikan keseimbangan tubuh termasuk memerangi kelebihan sebum.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi masalah kulit berminyak yang bisa Anda coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News