Bugar

Wajib Coba! Inilah 5 Cara Mengatasi Kantung Mata Kendur dengan Benar

Wajib Coba! Inilah 5 Cara Mengatasi Kantung Mata Kendur dengan Benar

MOMSMONEY.ID - Munculnya kantung mata kendur membuat penampilan jadi tidak percaya diri. Kantung mata kendur membuat wajah menjadi kusam, tidak segar dan terlihat lebih tua. Kantung mata kendur disebabkan oleh genetik, kurang tidur malam, terlalu banyak makan garam, stres dan lain-lain.

Jika masalah ini muncul, masih ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dari rumah. Melansir dari loreal-paris.co.id, berikut cara mengatasi kantung mata kendur dengan benar, yaitu: 

1. Mengompres Air Dingin

Cara pertama mengatasi kantung mata kendur adalah mengompres air dingin. Cara ini bermanfaat untuk mengecilkan pembuluh darah yang melebar di sekitar mata, sehingga kantung mata terlihat mengempis. Anda bisa mengompres dingin menggunakan sendok makan dari logam, irisan mentimun, dan kapas basah yang disimpan lebih dulu selama beberapa menit di freezer. Kompres mata tertutup selama beberapa menit, ulangi jika kantung mata masih terlihat bengkak. 

2. Merawat Kantung Mata dengan Kafein

Cara mengatasi kantung mata kendur selanjutnya, yaitu merawat kantung mata dengan kafein. Hal ini karena kafein termasuk salah satu senyawa yang bersifat vasoconstrictor, yaitu dapat mengecilkan ukuran pembuluh darah. Anda dapat menggunakan krim mata atau serum mata yang mengandung bahan kafein. Anda juga dapat mengompres mata dengan kantong teh hijau yang sudah diseduh sebelumnya. Lalu, simpan kantong teh ini di dalam freezer selama beberapa menit agar dapat dijadikan kompres dingin.

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Kenali 5 Tanda Usus Kotor Berikut Ini!

3. Mengatur Waktu Tidur

Berikutnya, mengatur waktu tidur Anda agar kantung mata bisa diatasi. Saat tidur Anda cukup delapan jam dalam semalam, maka tubuh Anda punya waktu untuk memproduksi kolagen dan elastin sehingga kulit area mata menjadi lebih kencang. Untuk menghindari cairan mengalir dan berkumpul di wajah dan area mata, Anda dapat tidur menggunakan bantal. 

4. Mengurangi Kadar Garam di Tubuh

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi tentu akan berpengaruh pada kondisi kulit. Tanpa disadari, Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan garam tinggi. Sehingga, Anda harus lebih cermat dalam memperhatikan kandungan garam dalam segala sesuatu yang dikonsumsi. Selain itu, kelola stres Anda dengan baik agar hormon kortisol tidak meningkatkan kadar garam dalam tubuh. 

5. Merawat Kulit Area Mata 

Cara mengatasi kantung mata kendur lainnya adalah merawat kulit area mata. Perawatan dengan krim atau serum mata dengan kandungan bahan aktif yang tepat akan membantu mengencangkan kulit area mata, termasuk kantung mata kendur. Kulit mata yang terhidrasi dengan baik dan terjaga kelembapannya juga akan terlihat lebih cerah sehingga masalah kantung mata hitam dapat diatasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News