Wah, Biaya Rapid Test Antigen di Stasiun Cuma Rp 45 Ribu

Reporter: RR Putri Werdiningsih
Kamis, 23 September 2021 | 16:10 WIB
Wah, Biaya Rapid Test Antigen di Stasiun Cuma Rp 45 Ribu

ILUSTRASI. Warga mengantre untuk mengikuti rapid tes antigen di Stasiun Gambir, Jakarta. KONTAN/Fransiskus Simbolon

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Test rapid antigen ini menjadi kewajiban bagi masyarakat yang bepergian menggunakan kereta api jarak jauh. Hanya calon penumpang yang mengantongi hasil test negatif Covid-19 yang bisa melakukan perjalanan.

Nah biaya tes ini cukup bervariasi. Ada yang menawarkan kurang dari Rp 100 ribu atau bahkan ada yang lebih dari Rp 200 ribu. Besarannya sangat tergantung pada alat test yang digunakan.

Baca Juga: Tak Punya Webcam? Tak Usah Khawatir, Yuk Ubah Hp Anda Jadi Webcam

Mulai 24 September nanti, PT Kereta Api Indonesia menerapkan tarif baru untuk layanan rapid tes antigen di seluruh stasiun. Kalau sebelumnya berlaku Rp85.000 turun menjadi Rp45.000 untuk setiap pemeriksaan.

Eva Chairunisa, Kahumas Daop 1 Jakarta bilang penyesuaian tarif ini merupakan salah satu bentuk peningkatan pelayanan KAI kepada pelanggan. Dengan harga terjangkau diharapkan bisa memudahkan calon penumpang kereta yang ingin melengkapi persyaratan naik kereta api jarak jauh. Umtuk dapat melakukan pemeriksaan rapid test antigen di stasiun, calon pelanggan harus memiliki tiket atau kode booking yang sudah lunas.

Baca Juga: Penyebab Rambut Berwarna Mudah Memudar, Cari Tahu di Sini

Sekarang, KAI juga telah mengintegrasikan sistem boarding KAI dan aplikasi Peduli Lindungi sehingga data vaksinasi dan hasil tes Covid-19 penumpang akan otomatis muncul pada layar komputer petugas. Integrasi ini bertujuan untuk mempermudah pelanggan, memperlancar proses pemeriksaan dokumen, dan menghindari pemalsuan dokumen.

Hadirnya layanan Rapid Test Antigen di stasiun merupakan hasil Sinergi BUMN antara KAI dengan Rajawali Nusantara Indonesia melalui anak usahanya Rajawali Nusindo dan Indofarma melalui anak usahanya Farmalab. Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai rapid tes antigen di stasiun, moms bisa menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di (021)121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121. 

Selanjutnya: Hasil Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 21 Diumumkan Malam Ini

 

Editor: Putri Werdiningsih
Terbaru