Hemat

Wacana Kenaikan Harga Pertalite, Ini Tips Lebih Hemat Bahan Bakar

Wacana Kenaikan Harga Pertalite, Ini Tips Lebih Hemat Bahan Bakar

MOMSMONEY.ID - Isu kenaikan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite menjadi perbincangan beberapa waktu terakhir.  Wacana kenaikan ini pun sejalan dengan kenaikan harga minyak mentah.

Dengan adanya penyesuaian tersebut, diharapkan dapat menahan subsidi konsumsi penggunaan BBM dari Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang tahun ini mencapai Rp 502,4 triliun.

Bila harga Pertalite meningkat, ini pun akan berdampak pada seluruh pengendara di Indonesia, dimana diperlukan biaya ongkos yang lebih besar untuk konsumsi bahan bakar minyak.

Co-Founder dari Lifepal.co.id, Benny Fajarai pun membagikan beberapa tips agar konsumsi bahan bakar lebih hemat. Berikut tipsnya:

1. Menjaga kecepatan kendaraan secara konstan

Benny mengatakan, sebaiknya pengemudi mengendarai mobil dengan hati-hati fan tidak agresif agar bahan bakar mobil tetap irit. Dia menyarankan agar pengemudi menghindari terlalu menekan pedal gas. Dia mengatakan menginjak pedal gas seperlunya bisa membuat bahan bakar jadi lebih irit dan terkontrol.

“Sebaiknya hindari juga kebiasaan mengerem mendadak atau mengendarai dengan kecepatan tinggi karena bisa membuat bahan bakar cepat habis. Tak ada salahnya untuk mencoba mengatur kembali kecepatan mengemudi Anda,” ujar Benny dalam keterangan tertulis.

Selain menghemat bahan bakar, menjaga laju kendaraan tetap kon juga membuat Anda lebih aman berkendara.

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Penyakit yang Sering Menyerang saat Musim Hujan

2. Memeriksa keadaan ban sebelum berkendara

Sebelum berkendara, Benny juga menyarankan agar pengemudi memastikan tekanan angin ban.

“Jika tekanannya rendah atau ban kempis, segera isi angin. Namun, bila terjadi kebocoran jangan ragu untuk segera mengganti ban,” katanya.

Sama halnya pada ban mobil yang botak, sebaiknya Anda tidak menunggu terlalu lama untuk menggantinya dengan yang baru.

3. Merencanakan rute terbaik

Sebelum memulai berkendara, lebih baik bila Anda merencanakan tujuan dan rute yang terbaik lebih dulu. Ini bisa mengurangi penggunaan bahan bakar, karena terhindar dari kemacetan maupun salah jalan.

4. Merawat mobil dengan rutin

Benny mengatakan, dengan merawat mobil secara rutin, Anda bisa mengurangi penggunaan bahan bakar. Sebaiknya Anda melakukan pengecekan secara berkala dan pembersihan pada berbagai komponen untuk memastikan tidak ada kotoran, endapan, atau hal-hal lain yang dapat menghambat kinerja mesin.

5. Menggunakan bahan bakar yang tepat.

Supaya penggunaan bahan bakar tidak boros, lebih baik Anda mengikuti rekomendasi produsen mobil untuk menggunakan bahan bakar dengan RON minimal 90 (contohnya Pertalite) atau 92 (contohnya Pertamax). Beberapa mobil bahkan ada yang disyaratkan untuk menggunakan bensin dengan minimum RON 95, sebaiknya Anda mengikuti rekomendasi ini.

Lebih lanjut, Benny mengingatkan supaya pengemudi menggunakan asuransi kendaraan sebagai bentuk perlindungan terhadap kendaraan. Tak hanya upaya perlindungan bagi kendaraan, Ini juga memberikan perlindungan pada keuangan.

“Saat terjadi kerusakan, mobil bisa mendapatkan perawatan tepat waktu tanpa tertunda karena kendala biaya. Selain itu, Anda pun tidak perlu menguras kantong pribadi karena biaya perbaikan mobil sudah ditanggung oleh asuransi,” ujar Benny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News