Santai

Viral Social Engineering, Yuk Pahami Jenis-jenisnya!

Viral Social Engineering, Yuk Pahami Jenis-jenisnya!

MOMSMONEY.ID - Baru-baru ini di TikTok sempat muncul pembahasan mengenai social engineering. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan situasi social engineering? Mengutip imperva.com, social engineering atau tindakan rekayasa sosial adalah aktivitas yang memanipulasi psikologi seseorang untuk mengelabui agar bisa memberikan informasi sensitif. 

Tindakan ini dapat dilakukan dengan banyak teknik. Namun secara umum, setidaknya ada 5 teknik yang paling umum digunakan. 

Baca Juga: Trending di FYP TikTok, Apa Itu Social Engineering?

Baiting atau memberi umpan

Tindakan ini dilakukan dengan berusaha memancing rasa ingin tahu dari korban. Pelaku biasanya akan memikat korban untuk masuk dalam perangkap. Dalam dunia digital biasanya pelaku akan memberikan umpan dalam bentuk flashdisk atau iklan yang menarik untuk membuat korban mengaksesnya. Di dalam umpan itu biasanya tersimpan malware. 

Scareware atau menakut-nakuti

Pelaku akan melakukan tindakan ancaman fiktif. Teknik ini sering ditemui pada saat Anda membuka komputer dan tiba-tiba muncul pemberitahuan iklan bahwa komputer terinfeksi virus. 

Baca Juga: Waspada IMEI iPhone Tidak Terdaftar! Begini Cara Ceknya

Pretexting atau melakukan dalih

Pelaku sering kali bertindak sebagai orang yang sangat membutuhkan informasi sensitif karena ini merupakan bagian dari tugasnya. Biasanya Anda akan menemui teknik ini pada orang-orang yang menyamar sebagai teman, petugas bank, petugas asuransi atau petugas lembaga keuangan lainnya. 

Phishing atau mengelabuhi

Teknik ini adalah teknik rekaya sosial atau social engineering paling populer. Pelaku akan menciptakan suasana yang urgen atau menciptakan rasa takut kepada korban. 

Spear phising atau mengelabuhi target

Teknik ini lebih spesifik dibandingkan teknik phising. Pelaku telah memilih korban secara spesifik. Pelau kemudian lebih bisa menciptakan suasana urgen atau menciptakan rasa takut sesuai dengan karakter, pekerjaan dan segala sesuatu yang terkait dengan korban. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News