Bugar

Usung Tema Voice of Unity, Borobudur Marathon 2023 bakal Berlangsung di Tanggal Ini

Usung Tema Voice of Unity, Borobudur Marathon 2023 bakal Berlangsung di Tanggal Ini

MOMSMONEY.ID - Catat, Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng bakal berlangsung 19 November 2023. Siap-siap.

Borobudur Marathon Menyapa Magelang menjadi gelaran pembuka dari rangkaian Borobudur Marathon 2023.

Acara ini merupakan kerja sama dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Bank Jateng, Harian Kompas, dan Yayasan Borobudur Marathon. 

Lewat Borobudur Marathon Menyapa, berbagai bentuk kebudayaan akan diperkenalkan ke publik. 

Dalam Borobudur Marathon Menyapa Magelang ada lima rangkaian acara menarik. Salah satunya, Nyalakan Magelang.

Borobudur Marathon 2023 telah menjadi ajang ikonik di Jawa Tengah secara khusus di Magelang. 

Baca Juga: Borobudur Marathon 2022, Berlari sambil Merayakan Kekayaan Budaya Lokal

Sejak awal, acara ini dirancang untuk membangkitkan semangat wisata olahraga atau sport tourism di kawasan Magelang dan bisa tersebar hingga Jawa Tengah dan sekitarnya. 

Borobudur Marathon 2023 mengangkat tema “Voice of Unity” sebagai bentuk menyuarakan semangat persatuan di Magelang dan sekitarnya. 

Hal ini Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sampaikan saat peluncuran Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng pada Sabtu, 18 Maret lalu.

“Sekarang, saatnya kita bersatu untuk juga mengulurkan tangan ke kanan-kiri, bersama-sama saling berlari dan terus menginspirasi untuk menang," katanya dalam keterangan tertulis.

"Oleh karena itu, Voice of Unity menggambarkan bagaimana pelari, stakeholder, dan masyarakat bersatu untuk menyuarakan semangat kemenangan, dan saling menginspirasi dengan suara-suara positif dalam satu kesatuan di Borobudur Marathon," ujar dia.

Baca Juga: Borobudur Marathon 2022: Lokomotif Wisata, Ekonomi Lokal, dan Pertukaran Budaya

Dalam rangkaian pre-event Borobudur Marathon membawa Bank Jateng Pawone ke 10 kota melalui Bank Jateng Friendship Run, dengan tujuan untuk menginspirasikan dan mempromosikan Magelang. 

"Bank Jateng dengan 10 ribu pelari membawa dampak perekonomian lebih besar pascapandemi," sebut Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno.

"Program Bank Jateng Pawone akan mengajak usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mengoptimalisasikan produk serta mengedukasi pelaku UMKM untuk melakukan literasi keuangan sehingga pengembangan potensi ekonomi dapat terjadi dan berjalan secara optimal," imbuhnya.

Tahun ini, Bank Jateng Friendship Run akan menyapa Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Banjarmasin, Medan, dan Palembang. 

The Tour juga akan kembali hadir bersama sejumlah komunitas di 10 kota bersamaan dengan dilaksanakannya The Tour dan Bank Jateng Friendship Run.

Baca Juga: Energi Para Pelari Nyalakan Spirit Borobudur Marathon 2022

Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo mengatakan, pada 2023, Borobudur Marathon 2023 akan dilaksanakan satu hari dengan beberapa kategori.

Yakni, marathon, half marathon, dan 10K kepada pihak umum nasional dan internasional. 

Lalu, rangkaian program Borobudur Marathon 2023 akan terdiri atas Bank Jateng Friendship Run 10 Kota, The Tour, Bank Jateng Pawone, dan Race Day.

Dari segi wisata olahraga, kawasan yang dipilih telah memiliki daya tarik wisata tersendiri.

Pelari akan mulai berlari dari kawasan Candi Borobudur kemudian melewati desa dan sekolah dengan cheering yang meriah dari warga desa dan siswa-siswi hingga garis finis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News