HOME, Bugar

Usai Makan Daging, Coba 5 Makanan Ini untuk Menetralisir Lemak di Tubuh

Usai Makan Daging, Coba 5 Makanan Ini untuk Menetralisir Lemak di Tubuh

MOMSMONEY.ID - Menyantap olahan daging seperti sate, gulai, semur atau tongseng memang sayang untuk dilewatkan. Namun ketakutan sering menghantui penikmat daging, apalagi yang usianya sudah di atas 40 tahun. 

Mengonsumsi daging secara berlebihan, terutama daging kambing bagi sebagian orang bisa menimbulkan efek negatif bagi kesehatan tubuh. Kandungan lemak jenuh yang terdapat pada daging juga bisa meningkatkan risiko pada pembuluh darah dan jantung. 

Karena itu, dalam mengonsumsi daging perlu ada pembatasan yang sesuai dengan usia, berat badan, jenis kelamin, dan tentu menyesuaikan dengan kondisi kesehatan. Yang pasti, jangan berlebihan dalam mengonsumsi daging.

Tapi jangan khawatir saat Anda lalai dengan santapan daging. Anda bisa menetralisir daging yang larut dalam tubuh dengan beberapa makanan berikut. 

Inilah 5 makanan penetralisir usai makan daging, dikutip dari Healthline. 

Baca Juga: Kenali Risiko Keracuanan Kandungan pada Ibu Hamil

1. Minus jus jeruk

Jus jeruk selain menyegarkan ternyata juga sangat ampuh dijadikan sebagai penawar dari efek negatif daging kambing namun yang perlu diperhatikan seperti jus jeruk tersebut tanpa dicampur oleh gula agar berfungsi sebagai penurun kolesterol.  

2. Tomat

Buah ini juga sangat ampuh dijadikan sebagai penawar efek negatif dari makan daging kambing karena tomat mengandung likopen yang berfungsi sebagai penurun kolesterol.  

3. Acar

Sebagai penyeimbang naiknya kolesterol akibat makan daging, bisa memakan acar yang terdiri dari mentimun, bawang merah dan wortel karena acar mengandung asam amino belerang yang sangat berguna untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) serta menaikkan kolesterol baik (HDL). 

Baca Juga: Pentingnya Minum Air Putih yang Cukup Saat menjalani Isoman Covid-19

4. Minum teh

Salah satu alternatif untuk menetralisir efek negatif setelah makan daging kambing dengan meminum teh tawar panas yang mengandung katekin atau teh hijau. 

5. Buah-buahan

Setelah makan daging kambing agar tidak menimbulkan efek negatif pada kesehatan salah satu alternatif menetralisirnya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan. Buah-buahan yang baik dijadikan sebagai penawar antara lain pisang, semangka, jeruk dan alpukat. 

Jadi, jangan lupa Konsumsi daging secukupnya dan tetap konsumsi 5 makanan penetralisir tersebut.

Selanjutnya: 4 Hal ini Wajib Dilakukan Setelah Berpergian agar Tak Terpapar Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News