HOME

Usai Libur Natal, Jumlah Penumpang KRL Turun

Usai Libur Natal, Jumlah Penumpang KRL Turun

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Usai libur natal pekan lalu, masyarakat kembali menggunakan kereta rel listrik (KRL) untuk berkativitas rutin. Meski begitu, Kai Commuter mencatat terdapat penurunan penumpang KRL pagi ini, Senin (27/12).

Berdasarkan data KAI Commuter pukul 08.00 WIB, terdapat 134.227 orang yang naik KRL. "Angka ini turun 3% dibanding pekan lalu di waktu yang sama yaitu 137.791 orang," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan tertulis, Senin (27/12).

Dia juga mengatakan di Stasiun Bogor ada 10.846 orang yang naik KRL atau bertambah 12% dibanding pekan lalu di waktu yang sama. Sementara, di Stasiun Bekasi tercatat ada 8.171 orang atau berkurang 6% dibanding waktu yang sama pekan lalu. 

Baca Juga: Apa Itu Rumah Subsidi? Yuk, Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Meski volume pengguna turun, Anne menerangkan, secara rata-rata pada libur natal dan tahun baru ini terdapat peningkatan volume pengguna yang berasal dari pengguna musiman, pengguna yang hendak bepergian bersama keluarga, dan mereka yang sebelumnya lama beraktivitas dari rumah kemudian kembali menggunakan KRL. 

Lebih lanjut, Anne mengatakan seluruh pengguna KRL mengikuti aturan sesuai SE Menhub No. 112 Tahun 2021. Pemeriksaan sertifikat vaksin terus dijalankan petugas dengan konsisten saat pengguna tiba di stasiu

Para pengguna dapat mengikuti antrean penyekatan di stasiun dengan teratur, sebagai bagian dari protokol kesehatan jaga jarak di dalam KRL maupun di Stasiun. Para pengguna juga diwajibkan menggunakan masker ganda yaitu masker medis dilapis masker kain di sisi luar untuk semakin melindungi diri dan sesama dari potensi terpapar Covid-19.

"Pengguna juga semakin banyak memanfaatkan Wastafel tambahan di stasiun untuk mencuci tangan sebelum maupun sesudah naik KRL," tambahnya.

Di masa libur Natal dan Tahun Baru ini, KAI Commuter tetap beroperasi mulai pukul 04.00-22.00 WIB dengan 1.005 perjalanan per hari. Pada jam sibuk pagi (04.00-09.00 WIB) KAI Commuter menyediakan 309 perjalanan, sedangkan di jam sibuk sore (16.00-20.00 WIB) menyediakan 241 perjalanan. Bagi pengguna yang masih bepergian dengan KRL agar dapat menyesuaikan waktu perjalanan dengan memanfaatkan perjalanan KRL di luar jam sibuk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News