HOME, Keluarga

Urutan Membersihkan Rumah yang Tepat, Sudah Tahu Belum?

Urutan Membersihkan Rumah yang Tepat, Sudah Tahu Belum?

MOMSMONEY.ID - Jika Anda menginginkan rumah yang terasa nyaman, membersihkan rumah secara rutin merupakan kuncinya.

Sekilas, membersihkan rumah memang terlihat sederhana dan bisa dilakukan siapa saja. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa trik tertentu supaya kegiatan bersih-bersih rumah bisa lebih efisien?

Ya, ternyata membersihkan rumah tak boleh sembarangan, lo. Pasalnya, kegiatan bersih-bersih rumah yang dilakukan secara sembarangan bisa menguras energi Anda secara sia-sia. Bahkan, rumah bisa saja tidak bersih dengan sempurna.

Baca Juga: 5 Kesalahan Memilih Warna Cat Dinding yang Wajib Dihindari

Nah, supaya makin efisien, salah satu hal yang perlu diketahui adalah seperti apa urutan membersihkan rumah yang tepat. Dengan urutan yang benar, Anda tak perlu bolak-balik membersihkan area yang sama sehingga bisa menghemat waktu dan energi.

Dirangkum dari laman Cleanipedia dan Simply Spotless, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Kerjakan hal yang bisa ditinggal terlebih dulu

Ada beberapa jenis kegiatan yang bisa ditinggal dalam waktu tertentu, misalnya menyemprotkan cairan pembersih untuk oven, merendam cucian piring, hingga mencuci pakaian di mesin cuci.

Untuk memudahkan pekerjaan Anda, lakukan hal-hal di atas terlebih dahulu sebelum mulai mengerjakan hal lainnya.

Misalnya, cucian piring yang terendam akan lebih mudah dibersihkan jika ditinggal terlebih dahulu. Pakaian yang sudah selesai dicuci juga bisa langsung dikeluarkan dari mesin cuci dan dijemur.

Bersihkan dari atas ke bawah

Ketika Anda membersihkan benda-benda seperti furnitur dan dinding rumah, debu dan kotoran akan terjatuh ke lantai dan segala permukaan yang lebih rendah karena gaya gravitasi.

Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan benda-benda di rumah dari arah atas ke bawah.

Jika Anda melakukan hal sebaliknya, kotoran dari atas akan terjatuh ke permukaan yang baru dibersihkan, sehingga Anda harus mengulangi membersihkan permukaan tersebut.

Baca Juga: Lantai Masih Terasa Kotor Setelah Dipel? Mungkin Ini Penyebabnya

Rapikan rumah, baru bersihkan

Pernahkah Anda merasa jengkel saat membersihkan rumah karena banyaknya benda-benda yang berserakan sehingga menutupi atau menghalangi permukaan yang akan dibersihkan?

Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk merapikan rumah terlebih dahulu, baru membersihkannya. Anda bisa menggunakan metode decluttering untuk membantu menyingkirkan benda-benda yang sudah tidak terpakai dan menyimpan benda-benda di tempatnya masing-masing.

Cara ini akan membantu membuat rumah terasa lebih lega dan lapang, sehingga memudahkan Anda saat menyapu dan mengepel lantai, hingga mengelap berbagai permukaan yang ada di rumah.

Baca Juga: Tak Selalu Nyaman, Intip Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Rumah Besar

Sapu lantai, baru pel

Di poin sebelumnya, disebutkan bahwa debu dan kotoran akan jatuh ke lantai saat Anda membersihkan rumah.

Jadi, usahakan untuk membersihkan lantai sebagai tahap terakhir dalam bersih-bersih rumah karena Anda hanya tinggal membersihkan debu dan kotoran yang tertinggal di lantai.

Untuk memudahkan Anda saat membersihkan lantai, sebaiknya sapu lantai terlebih dahulu (atau gunakan vacuum cleaner), baru pel lantai setelahnya. Hal ini akan mencegah debu atau kotoran menempel di kain pel dan lantai yang basah, sehingga lantai akan terasa bersih dan mulus.

Itulah beberapa urutan yang sebaiknya dilakukan saat membersihkan rumah. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News