ads

Untung Ruginya Menabung di Deposito. Simak Penjelasannya di Sini!

Reporter: Francisca Bertha Vistika
Jumat, 10 Juni 2022 | 07:59 WIB
Untung Ruginya Menabung di Deposito. Simak Penjelasannya di Sini!

ILUSTRASI. Deposito dinilai sebagai investasi paling aman, tetapi bunganya rendah dan sebenarnya tetap ada risiko gagal bayar


MOMSMONEY.ID - Deposito menjadi investasi yang cukup favorit bagi pemula maupun yang sudah mahir. Namun, belum banyak yang paham soal kelebihan dan kekurangannya. 

Prita Ghozie, perencana keuangan ZAP Financial mengatakan, deposito adalah produk perbankan yang memiliki risiko sangat rendah. Dari sisi potensi keuntungan sebenarnya sangat minim, namun yang dilatih adalah money habit untuk mau menunda konsumsi.

Baca Juga: Jangan Harap Untung Tinggi dari Deposito

"Sehingga, investor ini akan mampu untuk menata dirinya untuk paham bahwa aset investasi ditujukan untuk jangka yang lebih panjang, bukan keluar masuk," kata Prita. 

Prita mengatakan, keunggulan dari deposito adalah mendapatkan penjaminan dari lembaga penjamin simpanan (LPS), sehingga terhindar dari risiko gagal bayar. Untuk pensiunan dapat memperoleh sumber pemasukan dari modal investasinya.

Sementara untuk risikonya adalah adanya risiko gagal bayar apabila terjadi masalah di lembaga keuangan. Di antaranya, adanya kenaikan suku bunga apabila mengambil deposito 12 bulan.   

Nah, Prita bilang, investasi deposito sebaiknya digunakan kurang dari 12 bulan. "Baik itu dana darurat dan tujuan keuangan di bawah 12 bulan," kata Prita. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha

Terbaru
TOPIK TERPOPULER