HOME, InvesYuk

Untung Rugi Kredit Rumah (KPR) dengan FLPP atau BPJS Ketenagakerjaan

Untung Rugi Kredit Rumah (KPR) dengan FLPP atau BPJS Ketenagakerjaan

MOMSMONEY.ID - Pemerintah terus mendorong orang untuk bisa memiliki rumah. Misalnya saja ada program kredit subsidi berupa Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Ada pula bantuan uang muka rumah dari BPJS Ketenagakerjaan. 

Menurut Risza Bambang, perencana keuangan Oneshildt, mengingat tujuan dari FLPP dan BPJS yang bersifat membantu mempermudah masyarakat segmen tertentu untuk membeli rumah pertama, maka tentunya ini sangat ideal, asalkan memenuhi semua persyaratan.

Baca Juga: Pilih FLPP atau KPR? Mana yang Lebih Cocok untuk Anda?

Bagi yang tertarik, saran Risza, coba tanyakan mengenai semua persyaratan (term & condition) FLPP dan BPJS dengan detail. Mulai dari bunga, baik periode  bunga fixed maupun floating, jangka waktu, penalti pelunasan, biaya administrasi, biaya notaris, asuransi jiwa, asuransi kebakaran, denda, nilai rumah, nilai utang, dan lainnya.

"Jika semua persyaratan FLPP atau BPJS terpenuhi dan cocok, maka silakan ambil lewat fasilitas ini,"katanya. 

Namun, tantangannya adalah fleksibilitas pembelian, karena memang tujuannya sosial.  Sementara kalau KPR lebih bersifat general dengan  kelonggaran yang lebih leluasa, sehingga bisa mengakomodasi setiap kondisi yang diinginkan. 

Akan tetapi,  dengan memutuskan kredit rumah sebenarnya memaksa seseorang yang punya surplus pendapatan untuk mengoptimalisasi surplus tersebut sebagai cicilan KPR maupun FLPP. Daripada surplus itu hilang tanpa jejak karena belanja hal-hal yang bukan kebutuhan, lebih baik memanfaatkan mencicil rumah. 

Selanjutnya: Ajukan Cicilan Rumah Lewat FLPP, Bunga Rendah dan Stabil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News