HOME, Santai

Untuk Temani PPKM, Ini Jenis dan Harga Hamster yang Jinak Dipegang

Untuk Temani PPKM, Ini Jenis dan Harga Hamster yang Jinak Dipegang

MOMSMONEY.ID - Hamster bisa menjadi pilihan hewan peliharaan ketika harus berdiam diri di rumah selama PPKM. Supaya tidak repot, ketahui jenis hamster yang cocok dipelihara. 

Jenis hamster yang banyak dijual di Indonesia adalah jenis campbell dan roborovski. Kedua jenis itu bisa menjadi hamster yang jinak apabila dipelihara sejak kecil. Namun, sifat alaminya yang sulit dipegang membuat jenis ini kurang tepat dipelihara. 

Ukuran roborovski membuat jenis ini tidak mudah digenggam. Sementara sifat suka menggigit campbell membuatnya lebih cocok hanya dimasukkan ke kandang. Tetapi selain dua jenis tersebut, masih ada dua jenis hamster pemalas yang banyak dijual di Indonesia. 

Baca Juga: Ini Ras Anjing Lucu yang Cocok Anda Pelihara di Rumah

Winter White 

Hamster jenis ini cocok sebagai teman isolasi mandiri karena sifatnya yang mudah jinak. Naluri sosialnya juga membuat jenis ini dapat dipelihara lebih dari satu ekor. Warna hamster jenis ini umumnya adalah putih, tetapi ada juga variant tiger, pearl dan sapphire

Hamster jenis winter white sebenarnya adalah jenis yang pemalu dan bahkan mudah ketakutan jika ada gerakan mendadak. Namun, itu tidak masalah bagi seseorang yang sedang isolasi mandiri. Harganya di marketplace seperti Tokopedia adalah sekitar Rp30.000.

Syrian

Hamster jenis syrian memiliki sifat yang tidak jauh berbeda dengan jenis winter white. Beberapa ciri yang membedakannya adalah varian warna yang lebih banyak dan badan yang lebih besar. Sifatnya yang pemalas menjadikan hamster syrian mudah untuk dipegang. 

Sebenarnya jenis syrian adalah jenis yang sangat jinak. Namun, pada ketika kaget atau merasa terancam jenis ini juga punya naluri menggigit. Berbeda dengan jenis campbell yang mudah menggigit lalu lari, hamster syrian tidak mudah melepaskan gigitannya. 

Di marketplace, jenis hamster ini dijual dengan varian long hair dan short hair. Harga per ekornya adalah sekitar Rp30.000. Harga tersebut bisa lebih tinggi untuk indukan yang memiliki badan lebih besar. 

Baca Juga: Vegan vs Vegetarian, Apa Saja Bedanya?

Sebenarnya masih ada beberapa jenis hamster yang cocok dipelihara karena jinak dan tidak terlalu aktif bergerak. Namun, dua jenis hamster di atas adalah yang paling mudah ditemukan di pasaran Indonesia.

Selanjutnya: Panduan Makanan Sehat Selama Isoman, Apa Saja, Ya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News