Untuk Single Dad, Ini 6 Tips yang Bisa Dipraktikkan untuk Memudahkan Parenting Anak

Reporter: Ana Risma
Kamis, 25 November 2021 | 17:41 WIB
Untuk Single Dad, Ini 6 Tips yang Bisa Dipraktikkan untuk Memudahkan Parenting Anak

ILUSTRASI. Ayah dan Anak

MOMSMONEY.ID - Menjadi single parent tentu bukanlah sesuatu yang mudah untuk dijalani oleh siapa pun terutama bagi kaum laki-laki. Ketika pasangan masih menemani, para ayah tentu tidak akan merasa terlalu kewalahan dalam mengurus anak-anak mereka. Sebaliknya, peran sebagai single dad menuntut sang kepala keluarga untuk pintar-pintar menyeimbangkan antara urusan pekerjaan dan parenting.

Sulit bukan berarti tidak bisa. Para ayah tunggal tetap dapat menggantikan peran ibu dengan baik asalkan mau bersabar dan konsisten mempertahankan prinsip-prinsip parenting yang positif.

Sebagai referensi untuk memudahkan para single dads dalam hal pengasuhan anak, inilah 6 tipsnya yang bisa dicoba sebagaimana dilansir dari Being The Parent.

Baca Juga: 5 Super Food yang Sangat Bagus untuk Mendorong Kesehatan dan Pertumbuhan Anak

1. Pertahankan kehidupan normal Anda

Jika Anda adalah seorang ayah tunggal, maka penting bagi Anda untuk merencanakan hari Anda dengan baik. Rencanakanlah hari Anda sedemikian rupa sehingga Anda memiliki cukup waktu untuk dihabiskan bersama anak Anda. Jangan ragu untuk melibatkan anak Anda dalam kegiatan tertentu yang bisa membantu anak lebih dekat dengan Anda.

Kendati demikian, Anda disarankan untuk tetap mempertahankan kehidupan normal Anda seperti bekerja, melakukan hobi, atau bersantai dengan keluarga maupun teman. Intinya, rencanakan dan lakukanlah rutinitas harian Anda seperti biasanya tanpa melupakan bahwa Anda juga perlu mengembangkan konektivitas dengan anak melalui kegiatan khusus yang dapat memperkuat bonding.

2. Jangan ragu untuk mencari dukungan dan bantuan ketika membutuhkannya

Dukungan dan bantuan sangatlah penting dalam hal parenting terutama jika Anda adalah seorang single dad. Meskipun jati diri Anda sebagai laki-laki mengatakan bahwa Anda mampu melakukan segalanya sendirian, namun memiliki support system yang baik tetap harus Anda upayakan. Tak harus keluarga, Anda bisa menjadikan teman-teman terdekat Anda sebagai sumber dukungan dan bantuan ketika Anda membutuhkannya.

Cara ini akan membantu Anda untuk menghilangkan stres dan memberikan kekuatan ketika Anda merasa lemah. Jika sempat, Anda bisa bergabung dengan komunitas single parents di media sosial untuk berbagi pengalaman dan mencari informasi seputar parenting.

3. Tunjukkan cinta dan dukungan tanpa syarat kepada anak

Sangat penting bagi ayah tunggal untuk mengungkapkan cinta dan dukungan tanpa syarat kepada anak-anak mereka. Hal ini dilakukan untuk membuat anak selalu merasa bahwa mereka tetap bisa bahagia meski hanya bersama seorang ayah.

Jadi, sesibuk apapun Anda, pastikan tidak lupa memuji anak dan menyisihkan waktu Anda untuk bermain, membaca buku, berjalan-jalan, atau sekadar duduk bersama anak sembari mengobrol.

4. Ciptakan quality time sebelum tidur

Mungkin, ada saat-saat di mana Anda merasa begitu lelah dan ingin segera tidur bukan? Meskipun langsung tidur bisa Anda lakukan, namun ketahuilah bahwa waktu sebelum tidur bisa menjadi waktu terbaik untuk berquality time bersama anak Anda. Sebelum memutuskan untuk tidur, sempatkanlah untuk bercerita atau mengobrolkan rencana esok hari bersama anak.

Beberapa studi perilaku menunjukkan bahwa komunikasi sederhana bersama anak memainkan peran penting dalam meningkatkan kepercayaan diri anak ketika mereka tumbuh dewasa.

5. Tetap semangat

Pasti ada saatnya Anda merasa stres karena peran ayah tunggal yang Anda emban beserta segala tuntutan yang menyertainya. Faktanya, segala jenis stres yang berkaitan dengan pekerjaan atau ketegangan apapun antara Anda dan anak justru dapat mempersulit Anda untuk menghadapi situasi dengan cara terbaik.

Alih-alih lari dari tanggung jawab akibat stres, sebaiknya pertahankan sikap positif Anda kepada anak dan cobalah untuk mendiskusikan permasalahan yang sedang Anda alami dengan anggota keluarga atau teman dekat. Sesekali, Anda juga boleh lho berbagi masalah Anda dengan anak-anak Anda. Dengan bersikap terbuka dengan anak, itu akan membantu mereka untuk bisa lebih memahami situasi Anda.

6. Jaga diri Anda dengan baik

Tips terakhir dan tidak kalah penting bagi Anda sebagai seorang single dad yaitu menjaga diri sendiri dengan sebaik mungkin. Saat berusaha memenuhi tanggung jawab menjadi seorang ayah tunggal yang baik, wajib hukumnya bagi Anda untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan diri sebaik mungkin. Meskipun ada banyak tanggung jawab di pundak Anda, namun tetaplah meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas fisik dan mempertahankan gaya hidup sehat.

Lakukanlah hal-hal yang dapat membuat Anda tetap aktif, salah satunya dengan rajin berolahraga. Jangan lupa juga untuk makan makanan yang sehat, istirahat dengan cukup, dan nikmati hal apapun yang bisa memberikan Anda kesenangan.

Nah, itulah 6 tips yang penting untuk diterapkan oleh para single dads. Menjadi ayah tunggal dan memainkan banyak peran untuk anak-anak Anda memang bukanlah tugas yang mudah, namun ingatlah untuk tetap semangat dan berikan diri Anda waktu untuk belajar hal apapun termasuk kesalahan yang pernah Anda lakukan sebelumnya.

Selanjutnya: 6 Rekomendasi Warna Cat yang Bikin Rumah Terlihat Mewah, Yuk Coba!

Editor: Ana Risma
Terbaru