AturUang

Untuk Calon Pasutri, Simak 6 Tips Menabung untuk Biaya Menikah Berikut

Untuk Calon Pasutri, Simak 6 Tips Menabung untuk Biaya Menikah Berikut

MOMSMONEY.ID - Untuk calon pasutri, simak 6 tips menabung untuk biaya menikah berikut ini.

Sesederhana apapun konsep pernikahan yang Anda bersama pasangan pilih, tentu ada biaya tidak sedikit yang harus dikeluarkan.

Tak sampai di situ, kehidupan sehabis menikah pun membutuhkan biaya yang cukup banyak guna menunjang kelancarannya.

Oleh sebab itu, sangat disarankan kepada para calon pasutri untuk benar-benar menyiapkan biaya pernikahan dengan perencanaan yang baik.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melalui website Siap Nikah membagikan 6 tips menabung untuk biaya menikah yang bisa dijadikan acuan bagi para calon pasutri:

Baca Juga: Cegah Cyberbullying, Ini 6 Tips Bermain Internet yang Aman bagi Anak

1. Tentukan budget pernikahan

Ingat, ada kehidupan panjang yang harus Anda bangun bersama pasangan setelah menikah.

Jadi, sekali pun Anda menginginkan pernikahan impian yang memakan biaya besar, penting untuk menentukan budget pernikahan Anda bersama pasangan.

Mungkin bukan nominal pasti, tetapi lebih ke rentang biaya yang ingin Anda keluarkan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengalokasikan dana untuk keperluan pernikahan.

2. Buka rekening khusus tabungan pernikahan

Ketika budget dan tanggal sudah ada dalam rencana, mulailah menabung. Untuk memastikan tabungan pernikahan Anda benar-benar digunakan untuk menikah, Anda dan pasangan bisa membuat akun khusus untuk tabungan pernikahan.

Keberadaan akun ini akan memastikan Anda dan pasangan sama-sama terlibat untuk mewujudkan pernikahan impian.

Akun ini juga akan memudahkan Anda maupun pasangan untuk memeriksa tabungan yang sudah terkumpul dan pengeluaran yang sudah terpakai selama persiapan.

3. Rutin menabung

Mungkin sebulan sekali, seminggu sekali, atau dua minggu sekali, Anda harus rutin menyisihkan uang untuk dimasukkan ke akun pernikahan yang sudah Anda persiapkan. Begitu juga dengan pasangan.

Pastikan kewajiban menabung ini sudah dikomunikasikan sedari menentukan budget. Sehingga, persiapan pernikahan Anda tidak berat sebelah secara finansial.

Baca Juga: 3 Tips Memilih Wangi Parfum yang Tepat ala Shopee, untuk Kencan Pilih Wangi Apa?

4. Sepakat dalam hal-hal yang menjadi prioritas

Tentukanlah prioritas pengeluaran. Apapun konsep pernikahannya, banyak detail yang harus Anda pastikan ada saat hari-H. Jadi, coba duduk bersama pasangan lalu buat daftar prioritas berisi hal-hal yang diperlukan untuk pernikahan.

Dengan begitu, Anda dan pasangan akan lebih mudah menentukan hal-hal yang bisa dan diperbolehkan untuk mengeluarkan biaya relatif tinggi, serta hal lain yang bisa diminimalkan pengeluarannya.

Misalnya, jika Anda ingin membeli gaun pengantin dari desainer favorit, maka pengeluaran untuk bulan madu bisa Anda siasati dengan pergi ke tempat yang lebih terjangkau.

5. Temukan inklusivitas saat mencari lokasi pernikahan

Ada beberapa bagian dalam persiapan pernikahan yang bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau tanpa harus menghancurkan impian Anda. Contohnya, mencari venue pernikahan yang menawarkan paket all-inclusive.

Tak hanya menawarkan ruang untuk pesta hari pernikahan, paket ini juga termasuk katering, jasa layanan selama acara, hingga akomodasi bagi para undangan ketika Anda memutuskan untuk menikah di tempat yang jauh dari keramaian.

Alhasil, Anda bisa mengelola tabungan dengan lebih leluasa sekaligus memberikan ekstra biaya untuk hal-hal lainnya.

6. Lakukan proyek DIY

Tatkala Anda memilih pernikahan yang lebih intim dan hanya dihadiri oleh sanak saudara serta sahabat, tentu jumlah tamu undangan sudah diketahui.

Jadi, Anda bisa meminta bantuan orang terdekat untuk melakukan proyek DIY atau do it yourself seperti menuliskan nama-nama penerima undangan, membungkus souvenir pernikahan, atau membuat centerpiece yang akan menghiasi sudut-sudut ruangan.

Selain semakin mendekatkan diri dengan orang-orang tersayang, cara ini juga bisa menghemat pengeluaran karena Anda tidak perlu menyewa jasa untuk mencetak undangan atau membungkus souvenir pernikahan.

Demikian 6 tips menabung untuk biaya menikah. Semoga informasi ini membantu Anda dan pasangan yang sedang mempersiapkan pernikahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News