Santai

Ukuran Payudara Ideal Wanita dan 5 Faktor yang Memengaruhi Besar Kecilnya

Ukuran Payudara Ideal Wanita dan 5 Faktor yang Memengaruhi Besar Kecilnya

MOMSMONEY.ID - Moms, inilah beberapa faktor yang memengaruhi besar kecilnya ukuran payudara perempuan.

Ukuran payudara normal tentunya tak bisa ditentukan dengan pasti. Ada beberapa faktor yang memengaruhi besar kecilnya ukuran payudara seorang perempuan.

Melansir dari laman Health Line, sebanyak 53% perempuan dan 49% pria menyatakan dalam sebuah survei bahwa mereka lebih menyukai ukuran cup C sebagai ukuran idealnya.

Baca Juga: Perlu Bimbingan Orang Tua, Ini 4 Serial Komedi Dewasa dengan Tema Keluarga

Nah, simak dulu yuk apa saja hal yang bisa menyebabkan besar kecilnya ukuran payudara perempuan berikut:

Genetik

Tentu saja, genetik menjadi hal yang paling penting dan berpengaruh pada ukuran besar dan kecilnya payudara. Garis keturunan dari keluarga memegang kendali penuh atas ukuran payudara seorang wanita karena mempengaruhi kadar hormon pada tubuh.

Genetik memengaruhi kadar hormon, kepadatan payudara, dan juga kulit di areanya. Namun tentu saja, pengaruh atau faktor lain juga bisa mempengaruhinya.

Berat badan

Berat badan juga memiliki pengaruh eksternal yang mempengaruhi besar kecilnya ukuran payudara pada perempuan. Laman Shape menjelaskan, payudara terdiri dari tumpukan lemak yang disimpan pada area payudara.

Sehingga, jika berat badan seseorang naik, ukuran lemak dalam tubuh juga bisa meningkat. Hal tersebut juga bisa menyebabkan beberapa lemak tersimpan dalam payudara dan membuatnya besar. Sebaliknya juga terjadi saat berat badan menurun.

Baca Juga: Moms, Ternyata Ini 5 Penyebab Payudara Mengecil, Sudah Tahu Belum?

Umur

Semakin bertambahnya umur pun juga bisa menyebabkan payudara berubah dalam segi ukuran. Hal tersebut disebabkan karena kulit pada area payudara yang menopang lemak di dalamnya mengalami penurunan elastisitas.

Hasilnya, payudara akan terlihat lebih kecil, tidak elastis, dan cenderung kendur.

Olahraga

Faktor eksternal lain yang mempengaruhi besar kecilnya ukuran payudara adalah karena olahraga. Olahraga seperti push up dan bench press bisa meningkatkan jumlah otot dalam tubuh, terutama di bagian jaringan payudara.

Hal tersebut sebenarnya tidak menyebabkan ukuran payudara membesar, namun akan membuat otot sekitar payudara menjadi kecang, tidak kendur, dan terlihat lebih besar.

Kehamilan dan menyusui

Sudah bukan rahasia bahwa kehamilan dan menyusui menjadi faktor yang memengaruhi ukuran payudara pada perempuan. Ketika hamil dan menyusui, hormon wanita akan diproduksi lebih banyak untuk menunjang proses kehamilan dan menyusui.

Hingga kemudian, hal tersebut menyebabkan ukuran payudara menjadi berubah menjadi lebih besar. Walau begitu, pasca kehamilan dan menyusui, ukuran payudara bisa mengecil kembali seperti ukuran normal.

Itulah tadi, Moms, beberapa faktor yang memengaruhi besar kecilnya ukuran payudara pada perempuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News