Santai

Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Ini Puncak Kecepatan Kereta Peluru

Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Ini Puncak Kecepatan Kereta Peluru

MOMSMONEY.ID - Pelaksanaan uji coba atau testing & commissioning kereta api cepat Jakarta-Bandung mulai meningkatkan kecepatan perjalanan hingga puncak kecepatan.

Dengan menggunakan comprehensive inspection train (CIT) atau kereta inspeksi, kecepatan kereta cepat Jakarta-Bandung ( KCJB) ditingkatkan, dari sebelumnya rata-rata 60 km/jam menjadi 180 km/jam.

Wakil Menteri 2 Kementerian BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pengujian KCJB kali ini berjalan dengan lancar. Semua sistem berfungsi dengan baik, seperti kereta, rel, persinyalan, kelistrikan, dan lainnya.

"Secara bertahap, kecepatan perjalanan pengujian akan ditingkatkan hingga mencapai puncak kecepatan teknisnya di 385 km/jam," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (23/5).

"Untuk mencapai hal tersebut, peningkatan di beberapa aspek seperti pagar pengaman dan sound barrier perlu dilakukan penyempurnaan agar tidak mengganggu kenyamanan masyarakat saat KCJB melintas," ujar dia.

Baca Juga: Siap-siap, Ada 4 Kereta Jarak Jauh yang Akan Berangkat di Stasiun Jatinegara

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi bilang, peningkatan kecepatan uji coba ini akhirnya dapat dilakukan setelah seluruh persiapan awal pelaksanaan testing & commissioning berhasil diselesaikan.

"Berbagai pengetesan kesiapan sarana prasarana KCJB yang dilakukan sebelumnya sudah berjalan dengan lancar. Berdasarkan evaluasi, maka kecepatan perjalanan kereta cepat mulai ditambah menjadi hingga 180 km/jam," katanya.

Berdasarkan pelaksanaan testing & commissioning, waktu tempuh antara Stasiun Halim hingga Stasiun Tegalluar hanya sekitar 50 menit saja.

"Nantinya, kecepatan akan terus ditambah hingga mencapai puncak kecepatan operasional di 350 km/jam bahkan hingga mencapai puncak kecepatan teknisnya yaitu hingga 385 km/jam," ungkap Dwiyana.

Untuk mencapai angka tersebut, pengoperasian CIT akan terus ditingkatkan setiap hari. Perjalanan dengan CIT difokuskan pada pengetesan integrasi sistem sarana dan prasarana.

Baca Juga: Jadwal KRL Jogja-Solo Pekan Ini, Senin-Jumat, 22-26 Mei 2023 Paling Malam Pukul 22.48

Seluruh aspek akan dicek, apakah fungsinya normal dan dapat dilalui KCJB dengan kecepatan tinggi.

Sebagai informasi, satu rangkaian CIT KCJB terdiri dari 8 kereta. Fungsi berbagai kereta tersebut terdiri dari kereta satu untuk untuk kebutuhan pengujian lintasan.

Lalu, kereta dua untuk memeriksa sistem persinyalan dan komunikasi, kereta tiga untuk fungsi OCS, kereta empat dan tujuh untuk ruang kerja, kereta lima berfungsi sebagai restorasi.

Sementara kereta enam merupakan ruang pertemuan dan kereta delapan untuk fungsi sinyal dan pengecekan integrasi rel-roda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News