Santai

Udara Panas Landa Sejumlah Daerah, Indonesia Alami Heatwave atau Gelombang Panas?

Udara Panas Landa Sejumlah Daerah, Indonesia Alami Heatwave atau Gelombang Panas?

MOMSMONEY.ID - Belakangan, suhu atau udara panas melanda sejumlah daerah di tanah air. Apakah Indonesia mengalami heatwave atawa gelombang panas?  

BMKG menyebutkan, heatwave melanda berbagai negara Asia termasuk Asia Tenggara seperti Thailand yang berada dekat dengan Indonesia, dengan suhu maksimum mencapai 52°C. 

Di Indonesia, menurut BMKG, suhu udara maksimum di atas 36,5°C tercatat di beberapa wilayah. Pada 21 April di Medan, Sumatra utara, mencapai suhu maksimum 37°C.

Lalu, di Saumlaki, Maluku, juga pada 21 April mencapai suhu maksimum 37,8°C. Serta pada 23 April, di Palu, Sulawesi Tenggah, suhu maksimum mencapai 36,8°C.

Baca Juga: BMKG Identifikasi Pembentukan Sirkulasi Siklonik, Cuaca Hujan Lebat di Provinsi Ini

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan, fenomena suhu panas di Indonesia terjadi karena posisi semu Matahari pada April lalu berada dekat sekitar khatulistiwa. 

Dan, menyebabkan suhu udara di sebagian wilayah Indonesia menjadi relatif cukup terik saat siang hari. 

Tapi, "Fenomena suhu panas di Indonesia bukan merupakan heatwave," tegas Guswanto dalam siaran pers, dikutip Kamis (2/5). 

Soalnya, Indonesia memiliki karakteristik fenomena yang berbeda. Hanya dipicu oleh faktor pemanasan permukaan sebagai dampak dari siklus gerak semu Matahari sehingga bisa terjadi berulang dalam setiap tahun.

Selanjutnya: IHSG Ambruk 1,61% Kamis (2/5), Net Sell Asing Rp 2,6 Triliun Terutama di Saham Bank

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News