Ucapan & Link Download Twibbon Malam Nisfu Syaban, Kapan Puasa Nisfu Syaban?

Selasa, 07 Maret 2023 | 06:04 WIB Sumber: Kompas.com
Ucapan & Link Download Twibbon Malam Nisfu Syaban, Kapan Puasa Nisfu Syaban?

ILUSTRASI. Ucapan & Link Download Twibbon Malam Nisfu Syaban, Kapan Puasa Nisfu Syaban?


NISFU SYABAN - Jakarta. Mulai hari ini, Selasa 7 Maret 2023 akan berlangsung malam Nisfu Syaban. Kirimkan kumpulan ucapan dan link download Twibbon malam Nisfu Syaban untuk menyambung tali silaturahmi. Lalu kapan jadwal puasa Nisfu Syaban?

Malam Nisfu Syaban adalah salah satu malam yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW, malam Nusfu Syaban memiliki banyak keutamaan.

Oleh karena itu, umat musim menyambut malam Nisfu Syaban dengan beribadah sepanjang malam. Beberapa amalan yang biasa dikerjakan saat malam nisfu syaban seperti shalat sunnah, membaca surah, serta berdoa dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Peneliti di Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang mengatakan, malam Nisfu Syaban jatuh pada mulai Selasa, 7 Maret 2023 malam hingga Rabu, 8 Maret 2023. Hal tersebut, menurut Andi, berdasarkan pengamatan di beberapa titik di Balai Rukyat Nahdlatul Ulama (NU) pada 20 Februari 2023 silam.

"Dapat disimpulkan bahwa hilal tidak terlihat, sehingga bulan Rajab 1444 H digenapkan menjadi 30 hari, dan 1 Syaban 1444 H jatuh pada Rabu, 22 Februari 2023," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (3/3/2023).

Baca Juga: Tanggal Merah & Cuti Bersama Maret 2023, Ada Hari Raya Nyepi & 1 Ramadan

Andi menerangkan, malam Nisfu Syaban atau Lailatul Mubarakah diperingati setiap tanggal 15 Syaban. Berbeda dengan kalender Masehi yang dimulai sejak tengah malam, pergantian hari pada kalender Hijriah dilakukan lebih cepat, yakni setelah Matahari terbenam atau waktu maghrib.

Oleh karena itu, malam Nisfu Syaban akan jatuh sejak Selasa (7/3/2023) setelah waktu maghrib hingga Rabu (8/3/2023) sebelum maghrib. "Sehingga sejak Selasa malam itu sudah masuk malam Nisfu Syaban," imbuhnya.

Dikutip dari Kompas.com (18/3/2022), malam Nisfu Syaban adalah peringatan pada tanggal 15 bulan kedelapan (Syaban) dalam kalender Islam. Malam Nisfu Syaban juga dikenal sebagai Laylatul Bara'ah atau Laylatun Nisfe min Syakban di dunia Arab dan sebagai Shab-e-barat di Afghanistan, Bangladesh, Pakistan, Iran, dan India.

Nama-nama ini diterjemahkan menjadi "malam pengampunan dosa", "malam berdoa", dan "malam pembebasan", serta seringkali diperingati dengan berjaga sepanjang malam untuk beribadah. Bahkan di beberapa daerah, perayaan malam Nisfu Syaban biasanya secara turun temurun sekaligus dijadikan momentum untuk mengenang leluhur.

Di sisi lain seperti menurut laman NU Online, malam Nisfu Syaban adalah salah satu hari istimewa lantaran diyakini menghapus semua dosa mereka yang memohon ampun. Hal itu sejalan dengan hadis Rasulullah SAW, sebagai berikut: "Apabila tiba malam Nisfu Syaban, maka malaikat berseru menyampaikan dari Allah: adakah orang yang memohon ampun maka aku ampuni, adakah orang yang meminta sesuatu maka aku berikan permintaannya." (HR al-Baihaqi dalam Syu'ab al-Iman).

Oleh karenanya, di malam Nisfu Syaban tersebut, banyak masyarakat yang membaca surah-surah disertai memperbanyak doa. Sementara keesokan harinya, umat Islam juga disunahkan untuk berpuasa. Ibadah puasa ini selaras dengan sebuah hadis Nabi SAW, yakni: "Apabila tiba malam Nisfu Syaban, maka hidupkan malamnya dan berpuasalah di siang harinya." (HR Ibnu Majah dalam as-Sunan dan al-Baihaqi dalam Syu'ab al-Iman).

Puasa Nisfu Syaban

Dilansir dari Kompas.com, Guru Besar Bidang Ilmu Sejarah Peradaban Islam UIN Raden Mas Said Surakarta Syamsul Bakri menjelaskan, puasa Nisfu Syaban dilaksanakan hanya pada 15 Syakban. "Nisfu Syaban itu tengah-tengah berarti tanggal 15 Syaban," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Senin (6/3/2023).

Selain puasa Nisfu Syakban, umat Islam juga bisa menjalankan ibadah puasa Ayyamul Bidh setiap 13, 14, dan 15 bulan Hijriah. "Puasa Bidh, setiap tanggal 13, 14, 15, bulan apa pun, sunnah," terang Syamsul.

Artinya, umat Islam bisa mulai melaksanakan puasa Ayyamul Bidh pada Senin (6/3/2023) hingga Rabu (8/3/2023) mendatang.

Ucapan menyambut malam Nisfu Syaban

Untuk menyambut malam Nisfu Syaban, umat muslim bisa mengirimkan ucapan tertentu. Salah satu ucapan yang sering disampaikan umat muslim untuk menyambut malam Nisfu Syaban adalah permohonan maaf.

Mengirimkan ucapan menyambut malam Nisfu Syaban bukan hanya sekadar untuk meminta maaf. Namun, ucapan malam Nisfu Syaban juga penting untuk menyambung tali silaturahmi.

Dikutip dari laman happyeventswishes dan Kompas.com (17/3/2023), berikut beberapa ucapan untuk menyambut malam Nisfu Syakban 2023:

  • Mohon maaf atas semua kesalahan, baik lisan maupun perbuatan yang pernah mengiris hati. Selamat malam Nisfu Syaban 1444 H.
  • Mohon maaf atas kesalahan yang pernah terjadi. Selamat malam Nisfu Syaban 1444 H.
  • Perbanyak amalan dan ibadah seperti yang telah dianjurkan, agar kita semua mendapatkan ganjaran pahala seperti yang telah dijanjikan. Mohon maaf atas semua kesalahan baik lisan maupun perbuatan. Selamat malam Nisfu Syaban 2023.
  • Saudara dalam iman dan saudara dalam Islam, mari tetap saling bersaudara dengan saling memaafkan. Selamat Nisfu Syaban 2023/1444 H!
  • Bersyukur masih diberikan kesehatan dan waktu untuk berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan. Mohon maaf atas segala kesalahan yang telah diperbuat ya. Selamat malam Nisfu Sakban!
  • Satu kebaikan terlalu sulit untuk diingat, satu kesalahan terlalu sulit untuk dilupakan. Selamat malam Nisfu Syaban, mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan.
  • Dari dalam lubuk hati paling dalam, dari kesucian niat, di malam Nisfu Syaban ini, kami sekeluarga memohon maaf lahir dan batin.
  • Selamat menyambut malam Nisfu Syaban 1444 H! Dari hati yang paling dalam dengan penuh keikhlasan serta harapan, kami mohon maaf atas segala kekhilafan. Semoga kita berjumpa lagi di bulan suci Ramadhan.
  • Tak ada gading yang tak retak, tak ada manusia yang lepas dari khilaf. Dengan malam Nisfu Syaban 2023/1444 H ini kami memohon maaf sebesar-besarnya atas segala kesalahan.
  • Kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT. Sementara kesalahan, pastilah milik manusia. Selamat malam Nisfu Syaban 2023, mohon maaf lahir dan batin.
  • Mata dapat salah melihat. Kuping dapat salah dengar. Mulut dapat salah bicara. Hati dapat salah sangka. Mohon maaf lahir serta batin, selamat menyambut malam Nisfu Syaban 1444 H.
  • Izinkan lidah yang kelu ini memohon ampun atas segala kesalahan baik di masa lampau maupun yang akan datang. Kiranya niat baik ini bisa menjadi sarana persaudaraan kita atas kelalaian yang telah diperbuat. Selamat menyambut Nisfu Syaban 1444 H!
  • Mohon dimaafkan segala khilaf atas lisan yang tajam, ucapan yang menusuk, hati yang kotor, perilaku yang menyinggung, serta sikap yang tidak sopan dalam doa-doamu di malam nisfu Syaban ini.
  • Hari ini adalah malam pengampunan, di mana perbuatan-perbuatan sepanjang tahun manusia ditunjukkan dan diberi ganjaran. Ingatlah untuk menjaga amalan serta panjatkanlah doa-doa di malam yang indah ini. Selamat malam Nisfu Syaban.
  • Malam ini merupakan kesempatan untuk meminta maaf kepadamu. Mohon maafkan diriku atas semua yang telah diperbuat, baik secara sengaja maupun tidak. Selamat Nisfu Syaban 1444 H!
  • Di malam penuh berkah ini, kami meluangkan waktu untuk memohon maaf atas perbuatan di masa lampau dan akan datang. Ya Allah, ampunilah kami. Selamat Nisfu Syaban!
  • Selamat menyambut malam penuh pengampunan, Nifsu Syaban 2023! Wahai saudaraku, mari saling memaafkan supaya mendapat karunia Allah SWT.
  • Mohon maafkan segala khilaf atas lisan yang tajam. Selamat Nisfu Syaban!
  • Selamat Nisfu Syaban 2023! Selamat menyambut malam mulia. Tak lupa, mohon maaf lahir dan batin.
  • Selamat menyambut Nisfu Syaban 2023. Mari berdoa agar kita semua dijauhkan dari perbuatan buruk yang dapat merugikan kita.

Link download Twibbon malam Nisfu Syaban 2023

Untuk menyambut malam Nisfu Syaban juga bisa dilakukan dengan memasang twibbon dan membagikannya ke media sosial. Untuk memasang twibbon malam Nisfu Syaban, hanya perlu mengklik salah satu tautan di bawah, kemudian unggah foto yang akan digunakan.

Berikut kumpulan link download twibbon yang bisa menjadi pilihan untuk menyambut malam Nisfu Syaban 2023:

  • Link download Twibbon malam Nisfu Syaban 2023 1 https://www.twibbonize.com/tb023
  • Link download Twibbon malam Nisfu Syaban 2023 2 https://www.twibbonize.com/harigurunasionalkemenag2022
  • Link download Twibbon malam Nisfu Syaban 2023 3 https://www.twibbonize.com/thsn2022
  • Link download Twibbon malam Nisfu Syaban 2023 4 https://www.twibbonize.com/harisantrinu2022
  • Link download Twibbon malam Nisfu Syaban 2023 5 https://www.twibbonize.com/twibbonsumpahpemuda20221
  • Link download Twibbon malam Nisfu Syaban 2023 6 https://www.twibbonize.com/id09
  • Link download Twibbon malam Nisfu Syaban 2023 7 https://www.twibbonize.com/harisantrinu2022
  • Link download Twibbon malam Nisfu Syaban 2023 8 https://www.twibbonize.com/nisfusyabangsjnshshsjs
  • Link download Twibbon malam Nisfu Syaban 2023 9 https://www.twibbonize.com/peringatannisfusyaban
  • Link download Twibbon malam Nisfu Syaban 2023 10 https://www.twibbonize.com/nisfusyaban2023
  • Link download Twibbon malam Nisfu Syaban 2023 11 https://www.twibbonize.com/nisfusyabandesain2
  • Link download Twibbon malam Nisfu Syaban 2023 12 https://www.twibbonize.com/nisfusyabands2023
  • Link download Twibbon malam Nisfu Syaban 2023 13 https://www.twibbonize.com/1444hnisfusyaban
  • Link download Twibbon malam Nisfu Syaban 2023 14 https://www.twibbonize.com/nisfusyabanthn1444h
  • Link download Twibbon malam Nisfu Syaban 2023 15 https://www.twibbonize.com/nisfusyabanthn2023m
  • Link download Twibbon malam Nisfu Syaban 2023 16 https://www.twibbonize.com/nisfusyabanthn1444h
  • Link download Twibbon malam Nisfu Syaban 2023 17 https://www.twibbonize.com/nisfusyaban1444hijriyah
  • Link download Twibbon malam Nisfu Syaban 2023 18 https://www.twibbonize.com/nisfusyabanalhuda
  • Link download Twibbon malam Nisfu Syaban 2023 19 https://www.twibbonize.com/nisfusyabantahn1444h
  • Link download Twibbon malam Nisfu Syaban 2023 20 https://www.twibbonize.com/nisfusyabanthn2023m

Itulah tanggal malam Nisfu Syaban dan contoh ucapan serta link download Twibbon malam Nisfu Syaban 2023 / 1444 H serta jadwal puasa Nisfu Syaban. Mari sambut malam Nisfu Syaban dengan memperbanyak ibadah dan mohon pengampunan Allah SWT.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "40 Ucapan dan Twibbon Nisfu Syakban 2023", dan "Kapan Malam Nisfu Syaban 2023? Catat Tanggalnya!",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru