HOME, AturUang

Tulang Punggung Tak Mewariskan Asuransi Jiwa, Ini Tips Biayai Hidup ke Depannya

Tulang Punggung Tak Mewariskan Asuransi Jiwa, Ini Tips Biayai Hidup ke Depannya

MOMSMONEY.ID - Menjadi tulang punggung keluarga sudah seharusnya memiliki asuransi jiwa. Namun, masih banyak orang yang justru tak menyadari hal tersebut. Alhasil, ketika tulang punggung meninggal dunia, keluarga yang ditinggalkan bingung harus bertahan hidup seperti apa. 

Menurut Erlina Juwita, perencana keuangan Oneshildt Financial Independet apabila tulang punggung keluarga tak meninggalkan asuransi jiwa, banyak cara yang tetap bisa dilakukan oleh keluarga yang ditinggalkan. 

Pertama, mengurus BPJS Ketenagakerjaan. Biasanya setiap orang yang bekerja di perusahaan dibekali dengan hak-hak ketenagakerjaan itu. 

Kedua, mencari tahu investasi yang dimiliki suami atau tulang punggung keluarga. Lantas, coba cek apakah kita bisa mengakses investasi itu. Salah satunya adalah password akunnya. 

Baca Juga: Jika Tulang Punggung Keluarga Meninggal, Ini yang Harus Segera Dilakukan

"Apabila investasi bersifat likuid (jangka pendek) bisa menjadi alternatif untuk dana darurat agar bisa melanjutkan hidup," ujar Erlina. 

Ketiga, mencari tahu juga apakah kantor sebelumnya memiliki tunjangan atau santunan tiap bulan. Menurut Erlina, dia menemukan beberapa perusahaan memang memberikan santunan ini kepada istri dan anak-anaknya jika sang suami meninggal.

Keempat, baru cari lagi pendapatan lain. Jika sekarang sudah bekerja, sebenarnya sudah dapat pendapatan. Namun, sebaiknya cari cara lain untuk memperoleh penghasilan tambahan di luar pekerjaan tetap saat ini. 

Misalnya, mengelola investasi yang bisa memberi penghasilan rutin. Ataupun melakukan usaha online yang bisa dilakukan di waktu senggang.  

Selanjutnya: Harga Emas di Pegadaian Mulai Terkoreksi, Kamis (28/10)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News