HOME, Keluarga

Trik Mendekorasi Rumah Bergaya Cottagecore, Tampak Klasik!

Trik Mendekorasi Rumah Bergaya Cottagecore, Tampak Klasik!

MOMSMONEY.ID - Lantaran sudah menjadi tren sejak 2021 lalu, gaya cottagecore aesthetic saat ini sudah semakin umum dijumpai di mana-mana, mulai dari fesyen hingga dekorasi rumah.

Dilansir dari Your Home Style UK, dekorasi rumah bergaya cottagecore aesthetic pada dasarnya merupakan gaya maksimalis yang dipadukan dengan sentuhan vintage. Hasilnya, interior rumah akan terlihat rustic dan homey khas rumah-rumah di pedesaan Inggris.

Selain itu, dekorasi bergaya cottagecore juga banyak digemari karena terlihat nyaman, sehingga cocok untuk melepaskan stres dan kepenatan sehari-hari.

Baca Juga: Lagi Tren, Gaya Dekorasi Cottagecore yang Bikin Rumah Terkesan Klasik

Nah, untuk menghadirkan gaya cottagecore pada interior rumah, apa saja yang bisa digunakan? Simak tips berikut ini!

Gunakan barang-barang kerajinan tangan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by cindy (@acottagegirl)

Di rumah yang mengusung konsep rustic seperti cottagecore, keberadaan barang-barang kerajinan tangan menjadi sesuatu yang dapat mempercantik penampilan interior rumah.

Jenis kerajinan yang bisa Anda gunakan angat beragam, mulai dari makrame, selimut rajut, lukisan tangan, hingga barang-barang kerajinan keramik.

Gunakan barang-barang antik dan vintage

Selain barang kerajinan tangan, barang-barang antik dan vintage juga bisa menonjolkan kesan cottagecore pada rumah Anda. Dikutip dari Insider, ada banyak sekali barang-barang antik yang bisa digunakan untuk melengkapi tampilan rumah bergaya cottagecore. Contohnya, bingkai foto, vas bunga, karya seni, hingga furnitur.

Jadi, jika Anda memiliki barang warisan orangtua atau kakek-nenek yang terlihat antik, cobalah untuk menggunakannya sebagai pajangan rumah ala cottagecore.

Baca Juga: Bikin Rumah Makin Stylish, Ini 7 Warna yang Cocok Dikombinasi dengan Very Peri

Gunakan unsur bunga dalam dekorasi

Salah satu unsur penting dalam rumah bergaya cottagecore adalah bunga. Dengan bunga, Anda bisa menambahkan sentuhan organik dan warna lembut yang terlihat feminin di rumah.

Menurut Home Addict, ada banyak cara untuk menggunakan unsur bunga dalam dekorasi rumah cottagecore. Anda bisa menggunakan buket bunga segar, kain bermotif bunga yang klasik, wallpaper bunga, hingga bunga-bunga kering dan bunga tiruan.

Baca Juga: 5 Tren Desain Eksterior Rumah di Tahun 2022, Apa Saja?

Gunakan material alami dan ramah lingkungan

Selain menekankan tampilan rumah yang terlihat rustic, gaya cottagecore juga menuntut penghuninya untuk menjalankan hidup yang sustainable dan ramah lingkungan. Sebab, gaya ini banyak menggunakan barang-barang bekas dan barang yang terbuat dari bahan alami.

Untuk mendukung konsep sustainable dan ramah lingkungan pada rumah bergaya cottagecore, caranya pun cukup mudah.

Poin-poin sebelumnya banyak menekankan penggunaan barang antik atau vintage yang dapat memperpanjang masa pakai suatu barang. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan batu, furnitur berbahan kayu, lantai kayu, kain alami seperti katun dan linen, hingga mendekorasi rumah dengan tanaman hias.

Gunakan warna-warna earthy yang lembut

Untuk mewujudkan tampilan rumah bergaya cottagecore aesthetic yang terlihat otentik, hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan warna-warna earthy yang lembut pada interior rumah.

Pilihlah warna-warna pastel dan earthy yang cenderung hangat seperti pink, kuning, krem, dan coklat muda. Penggunaan warna ini termasuk nyaman dipandang, sehingga akan menghadirkan kesan rumah yang cozy. Gunakan warna-warna ini di ruangan yang sering digunakan di rumah, misalnya dapur atau ruang keluarga.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghadirkan cottagecore aesthetic pada interior rumah Anda. Tertarik mencobanya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News