ads

Trik Menciptakan Kamar Tidur yang Aman untuk Anak

Reporter: Kania Paramahita
Minggu, 12 Juni 2022 | 10:05 WIB
Trik Menciptakan Kamar Tidur yang Aman untuk Anak


MOMSMONEY.ID - Ketika tinggal bersama anak-anak yang masih kecil, ada berbagai tantangan yang mesti dihadapi para orang tua.

Selain harus menjaga rumah tetap rapi, para orang tua tersebut juga kerap dipusingkan oleh tingkah anak-anak saat menjelajahi rumah yang dapat membahayakan keselamatan mereka.

Tak hanya di ruang keluarga atau ruangan lainnya, masalah keselamatan ini juga harus diperhatikan di kamar tidur si anak. Pasalnya, banyak aktivitas yang dilakukan anak-anak di ruangan ini sehingga mereka rentan cedera jika tidak berhati-hati.

Oleh karena itu, sebagai orang tua, sudah tanggung jawab kita untuk menciptakan kamar tidur yang aman sekaligus nyaman untuk anak. Dirangkum dari laman Pennsylvania’s Promise for Children dan Psychology Today, berikut tipsnya.

Baca Juga: Mau Buat Laundry Room di Rumah? Simak Tipsnya Dulu, Yuk!

Perhatikan tinggi furnitur

Pertama, selalu perhatikan tinggi furnitur yang ada di kamar tidur (khususnya tempat tidur) untuk meminimalisir risiko anak terjatuh. Furnitur yang digunakan sebaiknya dapat dijangkau oleh anak dengan mudah.

Jika memungkinkan, pilih tempat tidur dengan ketinggian yang rendah, atau langsung tempatkan kasur di lantai. Letakkan tempat tidur di sisi yang menempel ke dinding supaya anak-anak tidak mudah terjatuh.

Kunci jendela

Selanjutnya, pastikan seluruh jendela yang ada di kamar tidur tidak mudah dibuka oleh anak-anak. Selain itu, hindari meletakkan furnitur seperti tempat tidur, lemari, hingga meja di dekat jendela supaya anak-anak tidak bisa memanjat ke jendela.

Jika jendela di kamar anak menggunakan kerai atau tirai, pastikan talinya tidak mudah dijangkau oleh anak untuk meminimalisir terjerat atau tercekik akibat bermain-main dengan tali tersebut.

Gunakan furnitur yang solid

Anak-anak cenderung suka mengeksplorasi sekitarnya, termasuk memanjat furnitur. Hal ini tentu berbahaya, karena furnitur tersebut bisa saja goyah atau melukai anak.

Untuk meminimalisir bahaya tersebut, pastikan furnitur-furnitur yang ada di kamar anak Anda terbuat dari bahan yang solid dan kokoh, serta tidak memiliki ujung-ujung yang tajam. Jika memungkinkan, tambahkan bumper pelindung dan pasang furnitur supaya menempel dengan lantai atau dinding kamar.

Baca Juga: Ingin Tidur Lebih Nyenyak? Coba Gunakan Weighted Blanket!

Gunakan karpet anti-selip

Jika Anda ingin menambahkan karpet di kamar anak, pastikan karpet yang digunakan cukup empuk dan  memiliki alas yang tidak licin alias anti-selip.

Dengan alas yang anti-selip, Anda dapat meminimalisir risiko anak yang tergelincir ketika berlari atau berjalan di atas karpet.

Tambahkan penutup stopkontak

Selain bahaya jatuh, tersandung, atau terbentur, salah satu bahaya yang bisa mengintai anak-anak di kamar tidur adalah tersetrum akibat bermain-main dengan peralatan elektronik dan stopkontak.

Supaya anak Anda aman dari bahaya tersetrum, coba pasang penutup stopkontak atau electric plug cover yang tidak mudah diotak-atik oleh anak, alias child proof.

Itulah beberapa tips untuk menciptakan kamar tidur yang aman untuk anak Anda. Semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TOPIK TERPOPULER