Trik Hidangkan Makanan Agar Menarik Secara Visual Seperti di Restoran

Reporter: Raissa Yulianti
Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:11 WIB
Trik Hidangkan Makanan Agar Menarik Secara Visual Seperti di Restoran

ILUSTRASI. Menghidangkan makanan yang menarik secara visual ternyata ada triknya tersendiri. Trik ini biasa digunakan para chef di restoran. (Dok/Alamy Stock Photo)

MOMSMONEY.ID - Tahukan anda bahwa menghidangkan makanan memiliki tipsnya tersendiri, loh! Ini gunanya agar makanan yang disajikan jadi menarik secara visual.

Trik seperti ini biasanya digunakan oleh restoran-restoran dalam menghidangkan makanan, khususnya makanan Barat. Sebabnya, makanan Barat memang mengandalkan makanan dari segi visualnya.

Nah penasaran kan bagaimana trik-trik hidangkan makanan yang menarik secara visual seperti yang ada pada kebanyakan restoran? Melansir dari Unilever Food Solutions, berikut selengkapnya!

Baca Juga: Resep Ayam Madu Korea, Ayam Super Empuk dengan Bumbu Meresap Sampai ke Dalam

Menonjolkan Bahan Utama Makanan

Trik yang pertama agar makanan menarik secara visual adalah dengan menonjolkan bahan utamanya.

Tonjolkan bahan dasar utama makanan sebagai yang paling besar dan mencolok. Secara visual, makanan akan jauh tampak lebih indah apabila makanan yang digunakan merupakan makanan berprotein, seperti daging merah, daging putih, atau hidangan boga bahari.

Makanan yang Menarik Secara Visual

Untuk bisa menonjolkan bahan utama masakan, mulailah menata bahan utama tersebut dalam sebuah piring yang polos. Kemudian atur juga bahan makanan lainnya di sekitar bahan utama, agar bahan utama semakin menonjol.

Namun perlu diingat bahwa bahan makanan pendukung bahan utama ini porsinya harus jauh lebih kecil daripada ukuran bahan utama itu sendiri.

Baca Juga: 3 Metode Masak Makanan Pedas Ala Meksiko yang Bikin Rasa Cabai Semakin Pedas

Warna yang Menarik

Makanan yang Menarik Secara Visual

Agar makanan menarik secara visual, maka gunakan warna-warna yang kiranya akan membuat fokus utama mata ada pada makanan.

Baca Juga: Yuk, Cobain Resep Praktis Ayam Krispi Sambal Matah!

Apabila anda membuat Steak Sapi dengan warna bumbu berwarna coklat, maka perhatikan warna piring yang digunakan.

Tentu anda harus memilih warna yang bersih & polos agar Steak tersebut menonjol. Gunakan warna putih akan menghasilkan paduan warna yang enak dipandang.

Makanan yang Menarik Secara Visual

Sementara jika makanan berwarna cerah, gunakan piring polos dengan warna-warna gelap akan sangat membantu makanan jadi menonjol. Misalnya sushi yang dihidangkan di atas piring hitam polos.

Baca Juga: 4 Tips Memasak Telur yang Sempurna

Hiasan Mungil Aneka Warna

Nyatanya hiasan jadi salah satu komponen yang penting dalam menata makanan agar menarik secara visual seperti di restoran kebanyakan.

Anda bisa menggunakan hiasan dengan porsi mini & warna yang cerah agar menggugah selera.

Makanan yang Menarik Secara Visual

Baca Juga: Tips Membuat Ayam Bakar yang Empuk & Tidak Gosong

Namun perlu anda pastikan bahwa hiasan yang akan dihidangkan tetap bisa dimakan. Rasa makanan hiasan pun tidak boleh bertabrakan dengan rasa sajian utama mkanan, agar keseluruhan rasa di dalam piring tidak jadi aneh.

Selanjutnya: Lakukan Cara Ini Agar Kulkas Selalu Bersih dan Tidak Berbau

 

Editor: Raissa Yulianti
Terbaru