HOME, Santai

Trik Gunakan Instagram Reel untuk Promosikan Usaha Anda

Trik Gunakan Instagram Reel untuk Promosikan Usaha Anda

MOMSMONEY.ID - Bagi Anda pengguna sosial media, inovasi tentu jadi hal utama yang dilihat ketika menggunakan aplikasi tertentu. Nah salah satu media sosial yang terus beradaptasi dan berinovasi adalah instagram. Semenjak pertama kali diluncurkan hampir satu tahun yang lalu, Instagram meluncurkan fitur Instagram Reels. Tak disangka, fitur ini memikat banyak penggunanya khususnya dimasa pandemi berlangsung di mana media sosial menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat global.

Melalui media sosial, individu maupun komunitas dapat terus terkoneksi di mana pun mereka berada. Selain TikTok, Instagram Reels juga mengalami peningkatan pengguna dan hadir untuk melengkapi pilihan konten hiburan selagi di rumah.

Nah, bagi Anda yang belum tahu, Instagram Reels adalah fitur video terbaru dari Instagram yang memungkinkan pengguna membuat konten selama 15 hingga 60 detik dan dapat diatur sesuai keinginan pengguna seperti penambahan musik, stiker, dan juga teks.

Selain itu, juga ada pilihan untuk menambahkan video yang sudah direkam terlebih dahulu dari perangkat Anda. Pada dasarnya cara kerja Instagram Reels mirip dengan TikTok.

Baca Juga: IHSG Ditutup Perkasa Awal Pekan, Berikut Sumber Tenaganya

Tak heran para pengguna sosial media menggunakan Instagram Reel untuk berbagai hal, termasuk untuk membesarkan usahanya. Melina Marpaung, Country Manager Zilingo Indonesia mengatakan, penggunaan media sosial sudah menjadi bagian terpenting dalam meningkatkan brand awareness dan reach sebuah produk. "Dan saat ini para pelaku usaha sudah memiliki banyak sekali pilihan dalam memasarkan produknya secara digital, salah satunya adalah dengan menggunakan fitur Instagram reels yang berperan dalam strategi pemasaran digital. Instagram Reels adalah salah satu cara untuk membangun komunitas dan mengembangkan jangkauan audiens Anda di Instagram. Melalui algoritma yang unik, fitur ini sangatlah menarik untuk menarik audiens Anda," ujarnya.

Bagi Anda yang ingin menggunakan Instagram Reels untuk meningkatkan performa bisnis Anda, berikut tips dan trik dari Zilingo Indonesia

- Bagikan konten Edutainment

Konten Edutainment (education entertainment) merupakan cara yang bagus untuk memulai di Reels. Konten-konten seperti: 5 rutinitas perawatan kulit atau 3 rahasia dalam mix & match kain batik hingga cara membuat photo terbaik untuk produk Anda.

Banyak hal baru dan ringan yang dapat dibagikan kepada pengikut Anda yang dapat membantu mereka mempelajari keterampilan baru. "Dari segi bisnis, konten Edutainment dapat membantu memposisikan Anda sebagai ahli dalam topik tersebut dalam komunitas Anda," tambah Melina.

Baca Juga: 5 Masalah Perilaku yang Umum Terjadi pada Balita dan Bagaimana Cara Mengatasinya

- Bagikan Konten BTS (Behind The Scene)

Konten BTS atau di balik layar membantu pengikut memahami lebih dalam tentang brand Anda  dan mengapa produk tersebut diproduksi untuk audiens Anda. Khususnya bagi para UMKM, konten seperti ini membantu membentuk kepribadian bisnis, mendapatkan kepercayaan dan juga membangun hubungan yang lebih personal dengan para pengikut.

“Melalui Instagram Reels, UMKM dapat menunjukkan kepribadiannya dan menciptakan hubungan yang lebih tulus kepada para audiens, salah satunya adalah dengan tur singkat di balik layar”, sebut Melina.

Bagaimana produk dibuat? Seperti apa keseharian dalam bisnis Anda? Mungkin Anda telah menerima pesanan atau produk baru yang dapat Anda ubah menjadi semacam video unboxing? Konten BTS tidak hanya menyenangkan, tetapi juga menunjukkan bahwa Anda telah menyisihkan waktu untuk melibatkan audiens dalam bisnis Anda.

Baca Juga: Merawat Kecantikan Kulit, Kenali Manfaat Ekstrak Buah Yuzu untuk Wajah

- Tampilkan Produk Otentik Anda
Instagram Reels adalah peluang besar bagi merek dan bisnis yang ingin mendorong awareness dan penjualan tentunya. Anda dapat mempromosikan produk dan menandainya secara langsung. 

Tampilan video produk yang dapat dibeli pelanggan Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penjualan dan traffic ke IG Shop. Selain itu, Anda juga dapat mengumumkan promo khusus di Instagram Reels. Beberapa merek besar telah menggunakan metode ini dan terbukti meningkatkan engagement mereka.

Melalui Instagram Reels, cobalah untuk mempertahankan keotentikan brand atau bisnis Anda. Fokus pada orisinalitas dan kreativitas, bukan hanya kualitas video. Banyak hal yang dapat dikembangkan menggunakan fitur ini di Instagram, bisa menampilkan staf atau menghidupkan aspek menarik dari bisnis Anda melalui musik dan gerak.

Mulailah membangun engagement di Instagram Reels bersama Layanan Pemasaran Zilingo. UMKM dapat dengan mudah mengakses solusi bisnis terintegrasi yang akan memandu Anda dalam menyusun strategi pemasaran yang lebih baik, termasuk pengembangan dan manajemen konten media sosial, serta layanan pemasaran digital.

Selanjutnya: Cocok untuk Anak Perempuan, Berikut Inspirasi Desain Kamar Tidur Serba Unicorn

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News