HOME, Keluarga

Tren Kenaikan Kasus Covid-19 di Indonesia Disebut Meningkat Pesat

Tren Kenaikan Kasus Covid-19 di Indonesia Disebut Meningkat Pesat

MOMSMONEY.ID - Kasus Covid-19 masih terus bertambah. Bahkan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, tren kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia meningkat sangat pesat.

"Tren kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia meningkat sangat pesat. Namun, secara umum dampak terhadap rumah sakit dan kematian secara keseluruhan relatif masih lebih kecil dibandingkan Delta," ujar Luhut dalam Keterangan Pers Ratas Evaluasi PPKM, Senin (7/2

Dia pun membeberkan salah satu contoh, misalnya kenaikan kasus di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten yang mengalami peningkatan sangat pesat tetapi angka perawatan rumah sakit dan kematian masih relatif rendah dan lebih kecil dibandingkan gelombang delta.

Meski begitu, dia pun mengatakan Bali perlu mendapatkan perhatian khusus karena terdapat tren penambahan kasus yang sudah melebihi puncak gelombang delta dan angka keterisian rumah sakit juga meningkat.

Baca Juga: Jabodetabek Hingga Bali Naik ke PPKM Level 3, Ini Penyesuaian Aturan Terbaru

Lebih lanjut Luhut pun menjelaskan terkait perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit. Menurutnya, hingaa saat ini 65% pasien yang dirawat di rumah sakit memiliki gejala yang ringan dan tanpa gejala.  Sementara itu, mayoritas dari pasien yang dirawat berat, kritis atau meninggal dunia adalah para lansia Kelompok komorbid.

Dia juga mengatakan dari  dari 356 pasien meninggal terdapat 42% yang memiliki Komorbid, 44% lansia dan 69% belum divaksinasi lengkap. Karenanya, dia pun menghimbau lansia dan kelompok komorbid segera mendapatkan vaksin.

Untuk melindungi para kelompok rentan, Luhut mengatakan pemerintah akan melakukan beberapa kebijakan seperti mendorong percepatan vaksinasi khususnya kepada para lansia dan kelompok rentan lain serta menyediakan vaksinasi booster yang cukup bagi seluruh masyarakat.

Selanjutnya, meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan dan rumah sakit termasuk tenaga kesehatan dan obat-obatan, mendorong penyediaan fasilitas penginapan khususnya untuk para tenaga kesehatan, hingga mendorong penggunaan telemedicine untuk pasien Covid-19 bergejala ringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News