Santai

Tokopedia Hadirkan Fitur Augmented Reality, Pengguna Bisa Coba Produk Secara Virtual

Tokopedia Hadirkan Fitur Augmented Reality, Pengguna Bisa Coba Produk Secara Virtual

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Tokopedia terus menghadirkan fitur baru untuk mendukung kenyamanan dan kemudahan dalam berbelanja. Tokopedia pun baru meluncurkan fitur Augmented Reality (AR) di aplikasinya.

Fitur ini saat ini baru bisa dimulai digunakan untuk kategori kecantikan dan perawatan tubuh. Dengan fitur baru ini, masyarakat bisa mencoba berbagai produk makeup seperti lipstick, foundation dan lain-lainnya secara virtual sebelum membeli.

"Kalau sebelumnya pengguna masih kesulitan menentukan apakah cocok dengan warna kulit atau yang lainnya, ini tidak usah khawatir. Dengan adanya teknologi AR ini, sebelum membeli barang-barang kecantikan, pembeli dapat mencocokan apakah produk tersebut sesuai atau tidak dengan kebutuhan pembeli," tutur Category Strategic Partnership Senior Lead Tokopedia, Azzahra Rahmani Ali, Rabu (25/5).

Adapun, Azzahra menyebut bahwa fitur yang dikembangkan Tokopedia selalu mengacu pada kebutuhan konsumen. Karenanya, bila suatu produk dianggap dibutuhkan pengguna, maka Tokopedia akan memberikan solusi agar pengguna lebih nyaman dalam berbelanja.

Ke depannya, fitur AR ini tak hanya bisa digunakan untuk produk kecantikan dan perawatan tubuh, tetapi juga untuk kategori lainnya.

Baca Juga: 6 Tips Atur Keuangan untuk Beli Rumah KPR Sebelum Usia 30 Tahun

Lantas seperti apa cara menggunakan fitur ini? Pengguna hanya perlu mengetik dan klik ‘Virtual Try On’ pada kolom pencarian di halaman utama aplikasi Tokopedia. Pada halaman tersebut, masyarakat bisa mencoba berbagai produk dengan AR bertulisan ‘Cobain barangnya, yuk!’.

Tak hanya fitur AR, Tokopedia juga menghadirkan fitur lainnya seperti Keyboard Tokopedia dan Bagikan Alamat.

Azzahra menyebut fitur Keyboard Tokopedia ini hadir lantaran Tokopedia melihat adanya interaksi sosial yang tinggi di kalangan masyarakat apalagi sangat membicarakan produk yang diinginkan atau yang ada dalam whislist.  "Nantinya dengan menggunakan keyboad tokopedia, kita bisa membagikan produk yang diinginkan ke rekan-rekan atau keluarhanya dalam berbagai platform dengan mudah," ujar Azzahra.

Fitur Keyboard Tokopedia ini masih hanya tersedia untuk pengguna iOS. Cara mengaktifkannya, pengguna bisa klik Settings (Pengaturan) di perangkat iOS dengan aplikasi Tokopedia versi 2.217 atau yang lebih baru, kemudian pilih Tokopedia. Selanjutnya, klik menu ‘Keyboards’ dan aktifkan toggle Tokopedia, serta Allow Full Access. Pengguna lalu hanya perlu ke aplikasi chat apa pun dan klik Tokopedia.

Sementara itu untuk fitur Bagikan Alamat, pengguna tidak perlu ketik alamat penerima secara manual/ Untuk meminta alamat dari teman atau kerabat yang ingin dikirimi hadiah, pengguna bisa masuk ke aplikasi Tokopedia lalu klik ikon di pojok kanan atas halaman utama. Kemudian klik ikon tiga garis dan pilih ‘Daftar Alamat’. Pilih tab ‘Dari Teman’, lalu klik ‘Minta alamat ke teman kamu’. Setelah itu, pengguna dapat memasukkan email atau nomor handphone teman yang ingin dikirimkan permintaan alamat, lalu klik ‘Minta Alamat’.

Bagi pengguna yang menerima permintaan alamat, buka aplikasi Tokopedia dan klik ikon lonceng di halaman utama Tokopedia, lalu klik notifikasi permintaan alamat, misalnya ‘Toppers meminta alamat kamu!’ dan pilih alamat untuk dibagikan, kemudian klik ‘Bagikan Alamat’.

Pengguna juga dapat mengirimkan alamat yang terdaftar di aplikasi Tokopedia mereka secara langsung kepada teman atau kerabat (sesama pengguna Tokopedia lainnya) lewat fitur Bagikan Alamat.  Di sisi lain, bagi pengguna yang sudah dikirimi alamat dari teman atau kerabat lewat fitur Bagikan Alamat di Tokopedia, mereka hanya perlu klik ikon notifikasi pada halaman utama Tokopedia. Kemudian, klik notifikasi yang memberi tahu bahwa teman atau kerabat telah mengirimkan alamat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News