AturUang

Tips Untuk Generasi Milenial dan Gen Z Dalam Mengelola Keuangan

Tips Untuk Generasi Milenial dan Gen Z Dalam Mengelola Keuangan

MOMSMONEY.ID – Moms termasuk generasi milenial atau gen Z? Banyak yang bilang generasi ini sudah lebih dini melek keuangan karena informasi yang mereka terima soal keuangan sangat luas, namun masih ada juga beberapa milenial dan gen Z yang belum paham soal financial.

Dengan penduduk Indonesia yang didominasi oleh kaum milenial dan gen Z atau sekitar lebih dari 50% dari populasi penduduk Indonesia sangatlah penting bagi kelompok ini untuk dapat mengatur keuangan dengan perencanaan keuangan yang cerdas.

Kenapa kita harus pintar mengelola keuangan? Soalnya, ada banyak hal dalam hidup yang tidak dapat dikontrol, seperti PHK atau pemotongan gaji, terserang penyakit dengan biaya pengobatan yang besar, inflasi uang pendidikan, dan sentimen negatif karena geopolitik ataupun ekonomi yang mempengaruhi pasar investasi dan menyebabkan instrument investasi merugi.

Baca Juga: Bunga Deposito Terbaru Bank Mandiri dan BRI, 5 September 2022

Nah, Ni Made Daryanti, Chief Investment Offince Allianz Life Indonesia mengatakan, mengatur keuangan dapat diibaratkan dengan membangun rumah, dimana terdapat dua pilar dalam rumah keuangan kita.

Pilar pertama, dana darurat untuk berjaga-jaga di saat kita sedang mengalami kondisi darurat. Idealnya, dana darurat dapat sebesar 3-6 bulan pengeluaran Anda.

Dan pilar kedua, asuransi sebagai pilar untuk berjaga-jaga jika terjadi risiko yang tidak terduga atau tidak dapat dikontrol.

Lalu seperti apa sih jika kita ingin memilih asuransi?

1.      Terdapat piramida asuransi dengan asuransi kesehatan menjadi prioritas utama. Asuransi kesehatan merupakan asuransi yang paling berdampak dalam hidup dan dapat dimulai dari memiliki BPJS, asuransi kantor, ataupun asuransi swasta.

2.      Terdapat asuransi penyakit kritis yang tidak kalah penting, karena biaya pengobatan penyakit kritis sangatlah mahal, dan sebagai bentuk berjaga-jaga apabila tidak ditanggung oleh BPJS ataupun asuransi kesehatan kantor.

3.      Terdapat asuransi jiwa yang wajib dimiliki bagi yang sudah memiliki tanggung jawab atau tanggungan.

Baca Juga: Bunga Deposito BCA dan BNI Terbaru Awal September 2022

Ni Made bilang, sangat penting untuk memperhatikan beberapa hal sebelum membeli asuransi. Bisa dimulai dengan cek reputasi perusahaan, dengan memastikan perusahaan tersebut terdaftar di OJK dan memiliki kondisi keuangan perusahaan yang baik. Selain itu, memiliki asuransi haruslah disesuaikan dengan kebutuhan.

Dan perlu mempertimbangan berapa premi yang harus dibayarkan, metode dan periode pembayaran premi, dengan perhitungan idealnya, premi asuransi sebesar 10%-15% dari total income Anda.

Mengingat pentingnya kaum milenial untuk turut berperan dalam membangun negara, Allianz Life Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung upaya meningkatkan literasi finansial di Indonesia, memberikan layanan terbaik kepada nasabah, dan optimalisasi digital sebagai bagian dari misi perusahaan untuk melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Berikut Cara Tetap Survive Menjadi Generasi Sandwich

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News