BisnisYuk

Tips Perkuat Brand untuk Membesarkan Bisnis. Simak Penjelasannya di Sini!

Tips Perkuat Brand untuk Membesarkan Bisnis. Simak Penjelasannya di Sini!

MOMSMONEY.ID - Apa yang terbesit dalam benak anda ketika ditanya merek minuman teh? Pasti tersebut merek teh kemasan terkenal. Namun, tak sedikit juga pelaku usaha baru memunculkan merek minuman teh baru. Di tengah perkembangan dan persaingan bisnis, penguatan brand atau merek harus menjadi perhatian.

Maulana Hakim, CEO Teguk Indonesa yang kini sukses membuka 175 gerai di wilayah Jabodetabek, Bandung, Karawang, Garut, dan Cirebon, menuturkan, branding atau identitas merek suatu usaha merupakan komponen penting yang patut dipahami oleh setiap pelaku bisnis karena dapat menjadi tombak senjata suatu bisnis dalam bersaing di pasar yang penuh akan kompetisi. 

Branding yang kuat akan memberikan suatu bisnis sebuah ciri khas atau pembeda yang akan membantu konsumen untuk mengingat usaha tersebut, dan pada akhirnya berpotensi memunculkan kesetiaan pada merek tersebut,” ucap Maulana.

Baca Juga: Promo Tiket.com s.d 12 Juli 2022, Diskon Hotel Pilihan di Indonesia hingga 45%

Dia menambahkan bahwa pembeda yang kuat sangat dibutuhkan di tengah ramainya kompetisi, jadi harus dipastikan branding yang dibuat untuk usaha anda berbeda dengan kompetitor dan menampilkan serta menonjolkan berbagai elemen yang menjadi ciri khas usaha anda.

Selain sebagai elemen pembeda suatu bisnis, Maulana pun menjelaskan bahwa branding memberikan kesempatan bagi suatu usaha untuk menceritakan kepada konsumen tentang produk atau jasa yang ditawarkan lebih jauh lagi.

Untuk itu, Maulana bilang pelaku UMKM harus memperhatikan betul pilihan dari berbagai elemen yang digunakan saat mengkonsepkan branding usahanya. Sebagai contoh, warna-warna yang terang mungkin akan memberikan kesan segar untuk usaha yang menawarkan aneka minuman dingin dan logo yang menarik dan bersifat lucu mungkin akan tepat jika konsumen yang disasar adalah kalangan muda.

Baca Juga: Baru Rebound Sehari, IHSG Kembali Dibuka Melemah pada Perdagangan Rabu (6/7)

“Hal-hal seperti inilah yang harus dipikirkan dengan baik di awal saat memulai usaha, atau jika sedang memikirkan cara untuk melakukan re-branding atau merancang ulang suatu merek,” tambah Maulana.

Maulana pun berpesan kepada pelaku UMKM bahwa branding di dalam dunia usaha bukanlah suatu kompetisi, melainkan strategi untuk memberikan kesan yang positif dan konsisten kepada pelanggan.

“Oleh karena itu, kenalilah konsumen Anda dengan baik dan rancanglah branding yang sekiranya akan disukai oleh mereka,” tutur Maulana. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News