HOME, Keluarga

Tips Merawat Furnitur Kayu Supaya Awet

Tips Merawat Furnitur Kayu Supaya Awet

MOMSMONEY.ID - Hampir semua orang memiliki furnitur kayu dengan beragam bentuk di rumahnya. Ada yang berupa rak buku, meja, kursi, lemari, dan lain-lain. Bahannya yang kuat membuat furnitur kayu terkesan lebih kokoh dan awet. 

Walaupun furnitur kayu terlihat kokoh, salah langkah dalam perawatan bisa menyebabkan furnitur cepat rusak dan tidak terlihat cantik lagi. Oleh karena itu, moms perlu melakukan perawatan berkala pada furnitur kayu supaya awet.

Dilansir dari comfortfurniture.com.sg, india.com, dan furniturechoice.co.uk, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan untuk merawat furnitur kayu supaya awet.

Baca Juga: Promo Blibli Festival From Home, Kebutuhan Rumah Diskon Hingga 75%

Bersihkan secara teratur

Furnitur kayu butuh dibersihkan secara teratur untuk menghindari debu di permukaan furnitur. Jika debu dan kotoran tidak segera dibersihkan, mereka bisa menempel dan susah dihilangkan lo, moms.

Tidak perlu menggunakan cairan pembersih khusus, moms cukup mengelap permukaan furnitur dengan kain basah untuk menyingkiran kotoran dan debu. Moms juga bisa menyingkirkan debu dengan menggunakan kemoceng.

Hindarkan dari sinar matahari

Furnitur berbahan kayu sebaiknya dihindarkan dari sinar matahari, moms.

Pasalnya, paparan sinar matahari yang berlebihan dan terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan pada furnitur kayu. Misalnya, kayu dapat mengalami pelapukan karena pergantian suhu yang ekstrim dari sinar matahari dan udara malam.

Selain itu, paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan perubahan pada warna furnitur. Warna kayu dapat menjadi lebih gelap atau pudar, yang mengakibatkan warna tidak merata pada permukaan furnitur.

Baca Juga: Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Dalam Rumah

Perlakukan dengan lembut

Walaupun kuat, furnitur kayu sebenarnya juga rentan rusak karena perlakuan penggunanya yang tidak berhati-hati, moms.

Misalnya saja, minuman dingin yang diletakkan di atas meja kayu dalam jangka waktu lama bisa menimbulkan bekas lingkaran putih di permukaan meja. Sebaliknya, minuman panas dapat menyebabkan permukaan kayu memuai.

Solusinya, moms bisa menggunakan alas seperti alas gelas dan taplak meja untuk meminimalisir kerusakan akibat cairan dan suhu di atas permukaan furnitur.

Selain itu, furnitur kayu juga perlu dihindarkan dari benda tajam yang dapat menggores dan merusak permukaan kayu. Jika moms perlu menggunakan pisau atau cutter untuk memotong sesuatu, gunakan alas seperti talenan atau cutting mat.

Baca Juga: Promo JD.ID Untuk Produk Kebersihan Rumah, Hanya Sampai 23 Juli!

Beri perlindungan dari rayap

Salah satu masalah utama yang dihadapi pemilik furnitur kayu adalah kehadiran rayap yang bisa merusak furnitur.

Tidak hanya merusak furnitur, benda yang disimpan di dalam furnitur kayu seperti buku dan dokumen penting bisa ikut rusak dimakan rayap, lo. Tidak mau kan benda penting yang sudah disimpan baik-baik malah rusak karena rayap?

Oleh karena itu, furnitur kayu perlu dijaga supaya terhindar dari rayap. Moms bisa menggunakan kapur barus atau cairan khusus pembasmi rayap.

Itu tadi beberapa tips yang bisa diterapkan untuk merawat furnitur kayu supaya awet. Selamat mencoba!

Selanjutnya: Ini Link Menuju Telemedicine untuk Konsultasi Covid-19 dari Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News