HOME, Keluarga

Tips Merawat Bulu Anjing yang Panjang dan Lebat Supaya Tetap Sehat

Tips Merawat Bulu Anjing yang Panjang dan Lebat Supaya Tetap Sehat

MOMSMONEY.ID - Kesehatan bulu dan kulit anjing juga perlu diperhatikan. Terutama bagi mereka yang merupakan ras anjing berbulu lebat seperti retriever, alaskan malamutes, pomeranian, dan siberian huskies. Akan disayangkan bila bulu-bulu indah mereka tak terawat, menjadi kotor dan kusut.

Bulu-bulu panjang dan lebat ini perlu dirawat dengan rutin untuk mencegah kerontokan, hairball, terbebas dari jamur dan kutu, serta ketidaknyamanan bagi anjing itu sendiri. Untuk membantu Anda merawat bulu anjing kesayangan sehari-hari, berikut tips caranya.

Baca Juga: Jalan-Jalan Santai Baik Buat Kesehatan Anjing Peliharaan. Apa Saja?

Menyisir Bulunya Secara Rutin

Dilansir dari ASPCA, perawatan teratur dengan sikat atau sisir akan membantu menjaga bulu hewan peliharaan Anda dalam kondisi baik dengan menghilangkan kotoran, menyebarkan minyak alami ke seluruh bulunya, mencegah kusut dan menjaga kulitnya tetap bersih, dan bebas iritasi. Semakin lebat bulu seekor anjing, Anda harus menyikatnya lebih sering. Terutama di sekitar telinga, ketiak, dan sepanjang bagian belakang kaki.

Selain itu, dengan menyikat bulunya, Anda bisa sembari mengecek kondisi kulitnya, apakah anjing dalam kondisi kulit yang baik atau tidak. Kondisi kulit anjing yang bermasalah biasanya ditandai dengan ciri-ciri: kulit kering, kemerahan, jamur, peradangan, dan sebagainya. Anda juga perlu memeriksa apakah terdapat kutu di dalam rambutnya.

Memandikan Anjing

Sebagian besar anjing hanya perlu dimandikan sekali ketika bulu mereka benar-benar kotor atau bau. Ketika kondisinya baik, Anda hanya perlu memandikannya sekali dalam 6 atau 8 minggu. Namun, jika Anda memiliki anjing yang sering keluar rumah, bermain-main di pekarangan atau kolam yang mengotori dirinya sendiri, Anda perlu memandikannya lebih sering selama bukan musim dingin.

Saat memandikan anjing, Anda perlu menggunakan sampo khusus untuknya atau sampo anjing yang yang telah direkomendasikan oleh dokter hewan Anda. Tujuannya untuk mencegah masalah kulit yang berkaitan dengan alergi, mandi berulang kali, dan pengkondisian kulit setelah mandi. Jangan lupa untuk mengeringkan dan menyikat bulunya setelah mandi.

Memberi Makanan yang Bergizi

Cara merawat bulu anjing berikutnya dapat dilakukan dengan memberinya makanan yang bergizi. Ada banyak jenis makanan anjing yang dikhususkan untuk merawat bulu dan kulitnya. Bahkan ada makanan yang khusus untuk anjing yang mengalami kerontokan bulu.

Baca Juga: Terganggu Bau Badan Kucing Tidak Sedap? Ini 5 Kemungkinan Sumber Baunya

Memberi Suplemen Asam Lemak

Asam lemak mampu mengurangi gatal-gatal di kulit anjing, menumbuhkan bulu, dan menyehatkan kulit. Anda dapat memberikan suplemen lemak untuk menutrisi kulit dan bulunya, seperti omega-6, omega-3, dan minyak ikan. Jangan lupa untuk mengonsultasikannya dengan dokter hewan mengenai dosis sesuai umur dan kondisi bulu anjing Anda, atau sesuaikan dengan petunjuk kemasannya. Jangan memberinya melebihi dosis yang dianjurkan karena dapat menyebabkan anjing diare.

Periksakan Kondisi Kesehatannya Secara Berkala

Sudah semestinya untuk mengecek kondisi kesehatan anjing ke dokter hewan. Periksa juga kesehatan bulunya, kelebatan, dan tingkat kerontokannya. Jika kondisinya bagus, Anda tetap harus melanjutkan perawatan rutinnya. Namun, jika kondisinya buruk, Anda perlu mencari tahu penyebabnya dan atasi sesuai penyebabnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News