Keluarga

Tips Merawat Anak ala Selebgram Almiranti Fira

Tips Merawat Anak ala Selebgram Almiranti Fira

MOMSMONEY.ID - Merawat hingga membesarkan anak dengan baik pastilah harapan dan impian setiap orangtua. Akan tetapi, keteladanan atau contoh baik yang diberikan orang tua dapat menjadi bekal dan panutan yang ideal untuk membangun karakter anak. Terlebih untuk bisa membesarkan anak di dunia modern dan kompleks saat ini, para orang tua dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman agar kedekatan dengan anak semakin terbangun.

Agar anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, sopan, dan bertanggung jawab, selebgram Almiranti Fira membagikan pengalaman dan caranya dalam mendidik dan membesarkan anak nya Aozora Madeena Arkanara, yang akrab dipanggil Ao.

  1. Membiasakan anak untuk bertanggung jawab melalui hal-hal kecil

Tidak selamanya kebutuhan si kecil akan dipenuhi oleh orang tua. Sebelum beranjak dewasa, anak harus dibiasakan dapat memenuhi kebutuhan dan memastikan kelancaran kegiatan mereka sehari-hari dengan memberikan tanggung jawab terhadap hal-hal yang kecil. Moms dapat memberikan tugas-tugas sederhana yang bisa dimulai dari kegiatan sehari-hari yang sering mereka lakukan, seperti merapikan mainan setelah bermain, memilih pakaian yang ingin dipakai, maupun membersihkan kamar sendiri.

Almiranti Fira mengatakan, untuk mengajarkan kebiasaan kepada anak, orang tua harus mencontohkan. Hal ini katanya karena anak kecil cenderung menirukan apa yang dilakukan oleh orang tua dan orang sekitarnya. Begitu anda mencontohkan mereka untuk merapikan mainan, makan harus di meja makan, dan lain sebagainya pasti si anak akan mengikuti dan lama-lama akan tercipta kebiasaan.

"Kita sebagai orangtua juga harus memperlihatkan perilaku yang rapi dan bertanggung jawab, sehingga Si Kecil akan mempelajarinya. Kunci utamanya orang tua harus sabar dan konsisten saat sedang mendidik anak, termasuk saat mengajarkan tentang tanggung jawab," ujar Almiranti.

Baca Juga: Intip Inspirasi Rumah Satu Lantai di Lahan Sempit Kekinian

  1. Memberikan arahan baik penghargaan maupun konsekuensi dengan penuh kasih sayang 

Sedari kecil berikan pemahaman kepada anak bahwa setiap perbuatan yang ia lakukan memiliki konsekuensi. Berikan arahan kepada si kecil dan jangan takut untuk menegur atau memberikan sanksi kepada anak bila ia melakukan tindakan yang menyimpang. Arahkanlah dengan bahasa yang sopan, tutur kata yang lembut, dan hindari pemilihan kata yang terkesan seperti  ancaman, ya! 

Dengan memberikan kasih sayang termasuk pujian atau penghargaan jika anak melakukan perbuatan yang baik, tentu dapat menanamkan memori yang indah pada anak. Sesekali memberikan hadiah ketika mendapat nilai bagus di sekolah juga bisa menjadi salah satu momen spesial yang bisa menambah kedekatan dengan anak.

“Memberikan penghargaan tidak harus dilakukan setiap saat, kok. Bisa saat anak mendapatkan atau melakukan achievement yang besar, sehingga hal tersebut bisa jadi hal yang spesial. Kalau setiap saat diberikan reward takutnya nanti malah jadi kebiasaan yang tidak baik untuk Si Kecil,” tambah Fira.

Moms bisa mengajak si kecil untuk memilih hadiah yang ia inginkan sambil bercanda gurau dengan scrolling rangkaian produk dari berbagai kategori di beberapa lapak e-commerce pilihan anda. Kegiatan ini juga bisa membantu melatih si kecil untuk membuat keputusan serta menentukan dan menyampaikan sendiri keinginan nya.

Baca Juga: Ini Fakta Soal Kate Middleton yang Anda Belum Tahu!

  1. Memberikan kesempatan pada anak untuk mencoba hal baru agar percaya diri 

Tentu wajar untuk orang tua memiliki kekhawatiran kepada buah hati, namun jangan sampai ini justru mengekangnya dan menjadi penakut, ya. Biasakan si kecil untuk berani mencoba dan melakukan kegiatan sendiri yang bisa dimulai dari hal-hal kecil agar anak lebih percaya diri. Misalnya, sikat gigi dan memakai baju sendiri, mengambil mainan nya sendiri, hingga tidur sendiri. Jika anak sudah dibiasakan untuk mandiri sejak kecil, ini pun akan membantu moms untuk bisa memiliki me-time maupun bepergian ke luar dengan lebih tenang.

“Aku selalu membiasakan dan encourage Ao untuk melakukan sesuatu secara sendiri, dimulai dari hal-hal kecil. Sejak kecil, Ao sudah aku ajarkan untuk bisa tidur di kamar nya sendiri dengan pelan-pelan diberikan pengertian. Selalu aku berikan afirmasi bahwa ‘nak tidur sendiri ya, kan ini kamar milik kamu jadi kita tidur di kamar masing-masing ya’, akhirnya lama-lama dia jadi terbiasa,” kata Fira.

  1. Meluangkan waktu bersama dengan bermain sambil belajar

Salah satu kegiatan yang bisa menambah kedekatan dan keakraban dengan sang buah hati tentunya dengan menghabiskan waktu bersama. Ayah dan Bunda juga bisa semakin memahami anak dan mengetahui tahap perkembangannya. Agar aktivitas bermain dapat ikut membantu mengoptimalkan dan merangsang perkembangan sang buah hati, carilah kegiatan dan permainan yang dapat membantu anak belajar dan mengasah otaknya, seperti menyusun balok, flash card, role play dengan boneka, buku mewarnai, dan puzzle.

Fira mengatakan, Sensory play merupakan permainan yang sangat anaknya, Ao sukai. Permainan ini katanya tidak hanya seru dimainkan, tetapi juga mengajarkan motorik, kreatifitas, ingatan, dan fokus sang buah hati. Mengajak anak membaca buku bersama juga bisa meningkatkan imajinasi nya, lo. "Nah, selain itu jangan lupa juga untuk mengajak anak bermain di luar rumah, seperti ke taman atau tempat baru supaya ia bisa mendapatkan banyak pengalaman menyenangkan," bebernya lagi.

Baca Juga: Fakta dan Tips Soal Kompor Induksi yang Wajib Moms Ketahui

Setelah membaca tips di atas, moms dapat semakin mempersiapkan diri untuk menjadi orang tua yang sigap dalam mendidik anak yang cerdas. Jangan khawatir karena di kampanye Shopee 10.10 Brands Festival yang akan berlangsung hingga 10 Oktober 2022 mendatang, anda bisa menciptakan quality time bersama sang buah hati dengan mencari dan menemukan perlengkapan pendukung tumbuh kembangnya dengan ragam produk original dari mitra brand terpercaya.

Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products mengatakan, mengajarkan pendidikan karakter kepada anak memang harus dimulai sejak dini. Semakin dini hal baik diterapkan, maka akan semakin tertanam dengan baik pada diri sang buah hati, yang akan membantu tumbuh dan kembang nya di tengah dunia modern saat ini.

"Menunjang hal tersebut, Shopee menghadirkan rangkaian produk dan perlengkapan pendukung untuk berbagai kebutuhan orang tua dan buah hati kesayangan dari mitra brand terpercaya dan dilengkapi dengan promo menarik lewat Shopee 10.10 Brands Festival," kata Daniel.

Baca Juga: 5 Makanan yang Aman untuk Anak Diare, Jangan Sampai Salah!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News