HOME, Keluarga

Tips Merapikan Gudang di Rumah yang Berantakan, Bikin Lega!

Tips Merapikan Gudang di Rumah yang Berantakan, Bikin Lega!

MOMSMONEY.ID - Gudang adalah ruangan yang berfungsi untuk menyimpan barang-barang tertentu di rumah, terutama barang yang sedang tidak digunakan.

Karena fungsinya tersebut, gudang rentan terlihat penuh dan berantakan. Hal ini bisa membuat penghuni rumah kerepotan jika akan mencari suatu barang di gudang.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mulai merapikan gudang supaya tidak lagi terlihat berantakan, sehingga Anda bisa menyimpan dan mengambil barang-barang di gudang dengan lebih mudah dan cepat.

Baca Juga: Bikin Rumah Rapi, Ini 4 Alasan Anda Harus Punya Gudang di Rumah

Berikut tips yang bisa Anda ikuti untuk merapikan gudang di rumah dengan efektif. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Kelompokkan barang menurut jenisnya

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengelompokkan barang-barang di gudang menurut jenisnya. Dilansir dari Home Guides,  hal ini akan mempermudah Anda dalam menyimpan dan mencari barang-barang tersebut jika suatu saat dibutuhkan kembali.

Anda dapat mengelompokkan barang-barang menjadi beberapa kategori, misalnya dekorasi Natal, barang elektronik, hingga barang-barang pecah belah. Sesuaikan pengelompokkan dengan keadaan di gudang Anda.

Gunakan kotak atau kontainer khusus

Setelah mengelompokkan barang menurut jenisnya, simpan barang-barang tersebut di suatu wadah penyimpanan supaya gudang Anda terlihat lebih rapi.

Menurut Women’s Weekly Magazine Singapore, Anda bisa menggunakan wadah penyimpanan berupa kontainer plastik bening supaya isi kotak tersebut mudah terlihat, sehingga memudahkan pencarian. Namun, Anda bebas menggunakan jenis kotak penyimpanan apapun yang ada di rumah.

Baca Juga: Rekomendasi Blender Mini Portable yang Praktis dan Terjangkau

Beri label pada setiap kotak

Karena lama tidak disentuh, kadangkala penghuni rumah lupa apa saja isi dari setiap kotak atau wadah penyimpanan yang ada di gudang, apalagi jika wadah tersebut tidak bening dan tertutup.

Untuk mengatasi masalah ini, tuliskan isi dari setiap kotak di kertas label, misalnya “Dekorasi Natal” atau “Pakaian Bekas”, lalu tempelkan label tersebut pada kotak yang sesuai. Jadi, Anda tidak akan kesulitan saat mencari kembali barang yang dibutuhkan.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Apartemen yang Wajib Dipahami

Gunakan rak untuk meletakkan kotak atau kontainer

Supaya gudang tidak terlihat penuh, mungkin Anda pernah menumpuk-numpuk kotak penyimpanan begitu saja di sepanjang sisi dinding. Walaupun terlihat rapi, hal ini bisa menyulitkan Anda saat akan mengambil kembali kotak-kotak tersebut, terutama kotak yang berada di tumpukan paling bawah.

Mengutip Style Degree Singapore, Anda bisa menggunakan rak atau lemari di dalam gudang untuk membantu Anda meletakkan barang-barang di dalam gudang. Jadi, jika Anda hanya memerlukan satu jenis barang, Anda tidak harus menggeser atau memindahkan barang lainnya.

Simpan barang yang sering digunakan di tempat yang terjangkau

Jika Anda sering mengambil barang-barang tertentu dari gudang untuk digunakan di rumah, sebaiknya simpan barang tersebut di tempat yang terjangkau di dalam gudang.

Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengambil kembali barang tersebut jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Sama seperti poin sebelumnya, Anda pun tidak harus menggeser atau memindahkan barang lainnya hanya untuk mengambil barang yang Anda inginkan.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk merapikan gudang yang berantakan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News