HOME, AturUang

Tips Merancang Liburan yang Ideal Sesuai Kantong

Tips Merancang Liburan yang Ideal Sesuai Kantong

MOMSMONEY.ID - Moms, apa rencana libur lebaran tahun ini? Bagi yang tidak mudik, bisa lho memanfaatkan waktu berlibur mengingat pemerintah sudah mulai melonggarkan aktivitas perjalanan di tengah pandemi.

Namun, sebenarnya memang liburan harus direncanakan jauh-jauh hari. Hal ini disampaikan oleh Widya Yuliarti, perencana keuangan Komunitas Menyala.

Menurutnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merancang liburan. Pertama, alokasikan dananya terlebih dahulu. "Ketahui dulu, berapa besar uang yang Anda butuhkan ketika akan berlibur. Maka penting memiliki budgeting liburan," kata Widya. 

Baca Juga: Ini 4 Cara Rahasia Agar Tetap Bisa Liburan Walaupun Bokek!

Lantas, survei tempat liburan yang kamu tuju. Artinya cari tahu secara online soal apa saja yang diperlukan di tempat tersebut, kisaran biaya akomodasi dan makanan. 

Setelah melakukan survei, lihat kembali kemampuan keuangan Anda. Widya bilang, jika hanya mampu menabung atau investasi Rp 500.000 per bulan, tetapi ingin liburan dengan kisaran biaya Rp  15 juta dalan setahun ke depan, maka Anda tidak memiliki tujuan yang sesuai dengan kemampuan.

"Jadi, sebaiknya tujuan kamu sesuai dengan kemampuan keuangan kamu," ujar Widya.

Lalu, tabunglah di rekening yang terpisah, supaya uang tidak selalu terpakai. Apabila berniat diinvestasikan, investasikanlah di instrumen yang aman dan likuiditasnya tinggi, bisa di reksadana pasar uang ataupun deposito. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News