CLOSE [X]
ads

Tips Menyiapkan Rumah untuk Buka Bersama, Tamu Jadi Senang!

Reporter: Kania Paramahita
Minggu, 17 April 2022 | 09:55 WIB
Tips Menyiapkan Rumah untuk Buka Bersama, Tamu Jadi Senang!


MOMSMONEY.ID - Buka puasa bersama atau bukber menjadi salah satu agenda yang paling ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia selama bulan Ramadan.

Biasanya, acara ini diadakan sebagai ajang berkumpul dan bercengkrama bersama teman, kerabat, hingga keluarga. Jadi, tak hanya dapat melepas rasa lapar dan haus setelah berpuasa seharian, tapi Anda juga dapat bersosialisasi dengan orang lain.

Nah, jika Anda memiliki rencana untuk mengadakan acara buka bersama di rumah, tentu Anda menginginkan tampilan rumah yang terbaik supaya para tamu merasa nyaman dan terkesan saat berbuka di rumah Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu menata rumah dengan baik supaya tampilannya tetap rapi dan memesona tamu saat berbuka puasa bersama di rumah. Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Elektronik Dapur yang Praktis untuk Siapkan Sahur, Apa Saja?

Rapikan barang-barang berceceran

Dikutip dari Good Housekeeping, kunci utama untuk memesona tamu Anda saat berkunjung ke rumah adalah memastikan rumah bebas dari clutter atau barang-barang yang berceceran.

Utamakan untuk merapikan rumah di area yang akan dilewati atau digunakan tamu, misalnya teras dan ruang keluarga. Rapikan sepatu dan sandal yang berserakan di teras dan letakkan di rak sepatu, lalu singkirkan sampah atau barang-barang lainnya di ruang keluarga.

Bersihkan ruangan yang akan digunakan tamu

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, langkah selanjutnya adalah membersihkan ruangan yang akan digunakan tamu saat berbuka puasa di rumah Anda.

Ketika berbuka puasa bersama di rumah, biasanya area seperti ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi, hingga mushola akan banyak digunakan dan dilewati oleh tamu. Pastikan Anda membersihkan area-area ini dengan menyeluruh sehingga tamu akan merasa nyaman.

Berikut beberapa contoh hal yang bisa dilakukan untuk membersihkan rumah:

  • Bersihkan debu yang menempel di permukaan furnitur dan dinding dengan kain microfiber atau kemoceng
  • Sedot debu di lantai dan sofa dengan vacuum cleaner
  • Sapu dan pel lantai, terutama di area yang banyak dilewati
  • Bersihkan permukaan meja dan kursi
  • Kosongkan tempat sampah dan siapkan tempat sampah untuk para tamu

Baca Juga: 4 Kesalahan Saat Menggunakan Produk Pembersih Rumah, Bisa Berbahaya!

Hiasi rumah dengan pernak-pernik

Setelah rumah bersih dan rapi, hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menghias rumah dengan berbagai dekorasi dan pernak-pernik.

Melansir laman lifeandstyle.asda.com, mendekorasi rumah akan membantu menghadirkan suasana Ramadan yang festive atau meriah.

Karena acara utama saat berbuka puasa bersama adalah makan-makan, cobalah untuk berfokus pada dekorasi meja makan atau ruangan yang akan digunakan untuk makan. Berikut beberapa ide dekorasi yang bisa digunakan:

  • Piring dan gelas dengan ornamen unik untuk makan
  • Taplak meja yang elegan
  • Set cangkir keramik yang cantik dan minimalis
  • Mangkuk kecil berisi permen atau kurma
  • Vas berisi bunga segar
  • Pernak-pernik meja makan bertema monokrom

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan saat menata rumah untuk acara berbuka puasa bersama. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru