HOME, Keluarga

Tips Menyiapkan Dapur Menyambut Ramadan, Bikin Nyaman Memasak!

Tips Menyiapkan Dapur Menyambut Ramadan, Bikin Nyaman Memasak!

MOMSMONEY.ID - Di bulan Ramadan, dapur menjadi salah satu area rumah yang cukup penting. Sebab, makanan untuk sahur dan berbuka puasa biasanya disiapkan dari dapur oleh para penghuni rumah.

Oleh karena itu, dapur perlu disiapkan dengan baik menjelang Ramadan. Dengan dapur yang bersih dan tertata rapi, memasak untuk sahur dan berbuka puasa akan terasa lebih nyaman dan efisien.

Jadi, bagaimana caranya menyiapkan dapur untuk menyambut bulan Ramadan? Berikut tipsnya untuk Anda.

Baca Juga: Ibadah Ramadan Makin Khusyuk, Berikut 4 Tips Menata Mushola di Rumah

Lakukan decluttering

Dikutip dari laman Productive Muslim, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah decluttering atau menyingkirkan benda-benda yang sudah tidak terpakai di dapur.

Contohnya, bongkar seluruh persediaan makanan di dapur dan pilah bahan makanan apa saja yang sudah kadaluwarsa atau tidak terpakai. Dengan menyingkirkan bahan makanan atau benda-benda yang sudah tidak terpakai, akan ada ruang tambahan yang dapat digunakan untuk menyimpan persediaan bahan makanan selama Ramadan.

Bersihkan dapur

Selanjutnya, Anda dapat membersihkan dapur dengan menyeluruh supaya seluruh permukaan dapur bersih dan mengilap saat Ramadan.

Tak hanya membersihkan meja, dinding, kabinet, dan lantai dapur, tapi Anda juga perlu membersihkan seluruh perlengkapan atau appliances yang ada di dapur, seperti kompor, oven, microwave, kulkas, dan lain-lain.

Baca Juga: Ibadah Jadi Tenang, Ini 3 Tips Membersihkan Rumah Menjelang Ramadan

Letakkan perlengkapan dapur pada tempatnya

Supaya dapur terlihat makin rapi, sortir perlengkapan-perlengkapan yang ada di dapur dan letakkan pada tempatnya masing-masing.

Misalnya, letakkan spatula, sendok sayur, dan alat-alat masak lainnya di wadah tersendiri dan simpan wajan serta panci di kabinet dapur. Dengan dapur yang tertata rapi, pekerjaan Anda di dapur akan lebih terorganisir dan efisien.

Baca Juga: Tren Dekorasi Rumah untuk Ramadan 2022, Puasa di Rumah Makin Seru!

Rajin bersihkan dapur selama berpuasa

Setelah melakukan hal-hal di atas, langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kebersihan dan kerapian dapur selama berpuasa.

Mengutip aboutislam.net, selalu bersihkan dan rapikan dapur sambil memasak untuk sahur dan berbuka. Hal ini akan menghindarkan Anda dari kerepotan saat membersihkan dapur yang berantakan setelah selesai memasak.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menyiapkan dapur sebelum Ramadan tiba. Selamat mempraktikkan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News