HOME, Bugar

Tips Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Gigi Saat Berpuasa

 Tips Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Gigi Saat Berpuasa

MOMSMONEY.ID - Banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut kedatangan bulan puasa. Menjaga kesehatan tubuh perlu dilakukan agar ibadah puasa bisa berjalan dengan baik.

Salah satu bagian tubuh yang perlu dijaga adalah kesehatan gigi. Tidak hanya menyebabkan bau mulut, kesehatan gigi yang tidak diperhatikan menyebabkan komplikasi penyakit lain.

Selain tetap menyikat gigi selama dua kali sehari, Anda juga bisa menjaga kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi saat puasa dengan tips ini.

Baca Juga: Inilah Cara Diet Sehat yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa

Dilansir dari ILmGate dan Medical News Today, inilah beberapa tips menjaga kebersihan dan kesehatan gigi saat berpuasa, antara lain: 

1. Tidak langsung berkumur saat menyikat gigi

Tips menjaga kebersihan dan kesehatan gigi saat berpuasa yang pertama adalah tidak langsung berkumur saat menyikat gigi. 

Langsung berkumur juga dapat mengurangi efek fluoride yang ada pada pasta gigi, sehingga hasilnya menjadi tidak maksimal. 

2. Bersihkan lidah

Tips menjaga kebersihan dan kesehatan gigi saat berpuasa yang kedua adalah bersihkan lidah. Jangan lupa untuk membersihkan bagian lidah.

Membersihkan lidah sama pentingnya dengan menyikat gigi. Campuran liur dan bakteri pada lidah membuat lapisan pada lidah yang dikenal dengan plak.

Cara untuk membersihkan lidah yang baik dan benar, sebaiknya lakukan setelah Anda menggosok gigi. Sikat lidah secara perlahan menggunakan alat khusus pembersih lidah.

3. Pakai obat kumur

Tips menjaga kebersihan dan kesehatan gigi saat berpuasa yang ketiga adalah memakai obat kumur. 

Jangan lupa, gunakan obat kumur yang memiliki kandungan fluoride untuk membantu mencegah terjadinya kerusakan pada gigi.

Hindari cairan kumur yang mengandung alkohol. Gunakan setelah sikat gigi, yaitu sebelum tidur dan setelah makan sahur. 

Baca Juga: Inilah Cara Diet Sehat yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa

4. Gunakan pasta gigi mengandung fluoride

Tips menjaga kebersihan dan kesehatan gigi saat berpuasa yang keempat adalah menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. 

Fluoride adalah unsur alami yang ditemukan pada makanan dan minuman yang diserap tubuh untuk menguatkan enamel gigi.

Fluoride juga merupakan pertahanan utama terhadap kerusakan gigi. Sebaiknya, gunakan pasta gigi mengandung fluoride setiap menggosok gigi.

5. Batasi asupan makanan dan minuman tinggi gula

Tips menjaga kebersihan dan kesehatan gigi saat berpuasa yang kelima adalah batasi asupan makanan dan minuman tinggi gula. 

Meski dianjurkan untuk berbuka puasa dengan minuman atau makanan yang manis, asupannya ke dalam tubuh tetap perlu diperhatikan.

WHO merekomendasikan untuk membatasi asupan gula. Mengetahui bahwa jumlah kalori akan menurun saat berpuasa, artinya konsumsi gula semakin perlu dibatasi. 

Selain tips di atas, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke dokter gigi untuk memeriksa dan memastikan kondisi kesehatan gigi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News