HOME, Bugar

Tips Menjaga Imunitas Selama Bulan Ramadan

Tips Menjaga Imunitas Selama Bulan Ramadan

MOMSMONEY.ID - Perubahan waktu makan dan tidur saat bulan Ramadan tak jarang turut mempengaruhi kondisi daya tahan tubuh. Inilah mengapa, sangat penting untuk menjaga imun tubuh selama bulan puasa. 

Meski tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman dalam waktu lama saat puasa, bukan berarti Anda tidak bisa menjaga daya tahan tubuh. 

Dilansir dari Mayo Clinic dan Web MD, berikut adalah berbagai tips menjaga imunitas selama Ramadan yang dapat Anda lakukan, antara lain: 

Baca Juga: 5 Nutrisi yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan Saat Berpuasa

1. Mengendalikan stres

Tips menjaga imunitas selama Ramadan yang pertama adalah mengendalikan stres. Mengendalikan stres merupakan salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh saat puasa yang efektif.

Sebab, stres yang dibiarkan terlalu lama bisa memicu berbagai masalah kesehatan bagi Anda. Beberapa riset menunjukkan bahwa stres berkepanjangan bisa melemahkan daya tahan tubuh.

Maka dari itu, cobalah untuk mengendalikan stres dengan baik dan lakukan segala hal yang bisa menenangkan pikiran Anda selama tidak merugikan orang lain.

2. Olahraga rutin 

Tips menjaga imunitas selama Ramadan yang kedua adalah melakukan olahraga dengan rutin. Berpuasa tidak boleh menjadi alasan Anda tidak bergerak aktif.

Anda tetap harus rutin berolahraga agar imunitas tubuh tetap terjaga. Meski begitu, durasi dan intensitasnya pasti jauh lebih ringan dibandingkan dengan olahraga saat Anda tidak puasa.

Lakukan olahraga pada pagi hari sebelum beraktivitas atau sore hari sebelum waktu berbuka tiba.

3. Memperbanyak konsumsi makanan sehat

Tips menjaga imunitas selama Ramadan yang ketiga adalah memperbanyak konsumsi makanan sehat. Banyak orang yang mengonsumsi makanan secara berlebihan di waktu berbuka puasa.

Rasa kalap akibat lapar terkadang membuat mereka cenderung tidak menjaga asupan makanan yang masuk ke mulutnya.

Baca Juga: 5 Makanan untuk Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal Saat Berpuasa

4. Konsumsi vitamin 

Tips menjaga imunitas selama Ramadan yang keempat adalah mengonsumsi vitamin. Selalu jaga kekebalan tubuh dengan mengonsumsi vitamin dan suplemen selama bulan Ramadan. 

Suplemen ini berperan aktif dalam menjaga imunitas tubuh dan memenuhi kebutuhan vitamin C dan D harian selama menjalankan ibadah puasa.

5. Tidur yang cukup

Tips menjaga imunitas selama Ramadan yang kelima adlah tidur yang cukup. Tidur merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan banyak orang di bulan Ramadan.

Namun, sebaiknya Anda jangan melakukannya secara berlebihan, baik saat menjalankan puasa ataupun di bulan lainnya.

Sebab, Anda harus tetap menjaga pola tidur yang sehat dan jam tidur yang cukup. Tidur berlebihan justru membuat bisa menyebabkan sakit kepala dan sakit punggung ketika Anda bangun.

Maka dari itu, segera lakukan berbagai cara meningkatkan imun saat puasa di atas supaya ibadah Anda di bulan Ramadan menjadi maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News