Keluarga

Tips Meninggalkan Kucing Sendirian di Rumah saat Mudik, Cek 7 Hal Penting Ini

Tips Meninggalkan Kucing Sendirian di Rumah saat Mudik, Cek 7 Hal Penting Ini

MOMSMONEY.ID - Jelang lebaran, banyak pemilik hewan peliharaan yang bingung karena harus meninggalkan anabulnya. Tenang, artikel ini memberikan tips meninggalkan kucing sendirian di rumah saat mudik. 

Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting ketika hendak meninggalkan kucing sendirian di rumah. 

Tips meninggalkan kucing sendirian di rumah ini bisa Anda terapkan apabila Anda tidak ingin menitipkan hewan peliharaan ke penitipan hewan. 

Apakah kucing boleh ditinggalkan sendirian di rumah? Meskipun kucing cukup mandiri, Anda tidak boleh meninggalkan kucing sendirian di rumah selama maksimal 2-3 hari. 

Baca Juga: Begini Cara Menghilangkan Bau Pipis yang Menempel di Karpet

Jika Anda memiliki anak kucing yang masih kecil, kucing yang lebih tua, atau kucing tunggal, waktu tersebut seharusnya lebih dari 1-2 hari. 

Untuk perjalanan yang lebih lama dari beberapa hari, Anda harus meminta seseorang mengunjungi kucing Anda setiap hari atau bahkan menemaninya jika memungkinkan.

Sebaiknya, ada seseorang yang mengunjungi kucing Anda meskipun Anda pergi hanya satu atau dua hari. Tetapi, jika itu tidak memungkinkan, Anda dapat mengambil tindakan pencegahan untuk memastikan mereka baik-baik saja.

Jika ini adalah pertama kalinya Anda meninggalkan kucing sendirian semalaman, itu bisa sangat menegangkan. Kucing dapat mengalami kecemasan akan perpisahan seperti halnya manusia. 

Kucing British Shorthair

Untuk itu, Anda perlu cek tujuh hal penting ini sebelum meninggalkan kucing sendirian di rumah saat mudik. 

Tips meninggalkan kucing sendirian di rumah

1. Bersihkan sebelum meninggalkan kucing sendiri di rumah

Penting untuk memastikan bahwa rumah Anda adalah tempat yang aman untuk kucing Anda.

Singkirkan tas belanja, sembunyikan kekacauan, dan cabut semua peralatan kecil yang Anda gunakan. 

Pastikan semua jendela tertutup rapat dan satu-satunya makanan yang tertinggal adalah makanan kucing. 

Selama barang-barang yang mudah pecah dipindahkan ke tempat yang aman dan rumah Anda diamankan, kucing Anda akan aman memiliki akses ke seluruh rumah saat Anda pergi.

2. Siapkan makanan dan air 

Saat meninggalkan kucing sendirian di rumah, sisakan lebih dari cukup makanan kering. Tidak ada salahnya untuk meninggalkan terlalu banyak! Anda juga ingin memindahkan makanan jauh dari air. 

Ini memastikan bahwa tidak ada air yang dapat terciprat ke dalam makanan. Membagi makanan menjadi dua lokasi adalah strategi hebat lainnya.

Jika Anda khawatir kucing Anda makan berlebihan saat Anda pergi, Anda dapat mencoba pengumpan hewan peliharaan otomatis. 

Baca Juga: Sterilisasi Kucing Gratis DKI Jakarta Terbaru 2023, Simak Syarat dan Jadwalnya

Pengumpan ini mengeluarkan makanan kering pada waktu yang dijadwalkan atau saat mangkuk kosong. 

Jika Anda ingin kucing Anda memiliki akses ke makanan basah saat Anda pergi, beberapa dispenser makanan dirancang dengan kantong es bawaan yang akan membuat makanan tetap dingin selama sekitar satu hari.

Air mancur kucing adalah barang penting lainnya yang harus Anda dapatkan jika Anda belum memilikinya.

Beberapa kucing juga suka bermain dengan airnya dan akhirnya menjatuhkan mangkuknya. Kucing lain suka menjatuhkan makanannya ke dalam airnya. Mendapatkan air mancur kucing akan memastikan bahwa air disaring dan tidak terjatuh saat Anda pergi.

3. Beri kucing hiburan

Jika Anda memiliki lebih dari satu kucing, Anda telah mengambil langkah pertama yang bagus untuk membuat bayi bulu Anda tetap terhibur saat Anda pergi. 

Pastikan kucing Anda juga memiliki akses ke furnitur kucing dan tempat cakaran kucing di dalam rumah. Jika kucing Anda suka mengamati burung, biarkan beberapa kerai terbuka jika Anda bisa dengan pohon kucing yang tinggi di dekatnya.

Tinggalkan beberapa mainan favorit kucing Anda juga selama tidak memerlukan pengawasan dan kucing Anda tidak bisa makan sepotong atau terjerat di dalamnya.

Baca Juga: Template KTP Kucing Gratis, Simak Cara Membuatnya Tanpa Instal Aplikasi

4. Siapkan kamera CCTV

Menyiapkan kamera hewan peliharaan adalah cara yang bagus untuk menenangkan pikiran Anda sehingga Anda dapat menikmati waktu luang Anda.

Adanya kamera CCTV ini membuat Anda bisa memantau kucing yang ditinggal di rumah selama mudik. 

Anda bisa meletakkan kamera tersebut di suatu tempat yang menghadap ke area makan. Lokasi tersebut membuat Anda dapat memastikan bahwa mereka tidak kehabisan makanan atau air. 

5. Pastikan kucing tidak bisa terjebak

Jika kucing Anda akan memiliki akses ke beberapa ruangan saat Anda pergi, Anda pasti ingin memastikan bahwa pintu antar ruangan tidak menutup dan memisahkannya dari kebutuhan pokoknya. 

Jika kucing Anda cenderung bermain dengan pintu dan mengunci diri di kamar, Anda dapat mengikat pintunya hingga terbuka.

Ikat sesuatu di sekitar kenop pintu dan tempelkan ke benda kokoh di dekatnya seperti rak handuk di belakang pintu. 

6. Bersihkan litter box 

 Kotak kotoran harus dibersihkan tepat sebelum Anda berangkat bepergian. Jika Anda biasanya membersihkan kotak kotoran setiap kali selesai digunakan, atau Anda memiliki banyak kucing, Anda mungkin ingin menambahkan kotak kotoran ekstra. 

Solusi lain adalah dengan mendapatkan kotak kotoran otomatis atau yang bisa membersihkan sendiri.

Baca Juga: Simak Perawatan Kucing Munchkin bagi Pemula, Harganya Fantastits

7. Minta bantuan orang terdekat

Setiap kali Anda meninggalkan rumah untuk waktu yang lama, Anda harus memastikan seseorang dapat masuk ke rumah Anda jika diperlukan. 

Meminta seseorang mengunjungi kucing Anda tidak mutlak diperlukan saat Anda hanya pergi selama satu atau dua hari.

Namun, Anda tetap harus memastikan seseorang di sekitar memiliki kunci jika terjadi keadaan darurat. 

Pastikan Anda memiliki beberapa orang yang dapat Anda andalkan jika terjadi keadaan darurat.

Begitulah beberapa tips meninggalkan kucing sendirian di rumah saat mudik. Anda perlu memastikan ketujuh hal penting di atas sebelum meninggalkan hewan peliharaan di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News